PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PPKn MELALUI MODEL PBL DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Tema Cita-citaku Model Discovery Learning Media Audio Visual. Desain penelitian ini menggunakan PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus satu kali pertemuan, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes.Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Keterampilan guru siklus I memperoleh skor 25 (baik), siklus II memperoleh skor 30 (sangat baik). (2) aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 24,4 (baik), siklus II memperoleh skor 26,3(baik). (3)Ketuntasan hasil belajar meliputi: a).Penilaian sikap spiritual siklus I memperoleh skor 8,8 (baik), siklus II menjadi 9,9 (sangat baik). b) Sikap sosial siklus I memperoleh skor 11,8 (baik), pada siklus II memperoleh skor 12,6 (sangat baik). c) Penilaian pengetahuan siklus I memperoleh skor 74%, siklus II meningkat menjadi 91,40%. d) Keterampilan siswa pada siklus I memperoleh skor 12,4 (baik) dan pada siklus II memperoleh skor 13,1(sangat baik). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan, melalui model Discovery Learning dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA Tema cita-citaku.
Â
The goal of the research was to improve science studies instructional quality Themes Cita-citaku Model type Discovery Learning audio visual media. The research design uses PTK conducted in two cycles. Every cycle consisted of one meeting. The procedures of every meeting were planning, acting, observing, and reflecting. The data collecting techniques were test and nontest. Technique of analysis uses qualitative technique and quantitative technique. The results of the research showed: (1) The average of teacher skills in the first cycle scored 25 (good). In the second cycle scored 30 (very good). (2 The average of students activity scored 24,4 (good), in the second cycle scored 26,3 (good). (3) Students learning result include: a). spiritual assessment attitude in the first cycle scored 8.8 (good), in the second cycle scored 9.9 (very good). b) Social attitudes in the first cycle scored 11.8 (good), in the second cycle scored 12.6 (very good). c) Assessment of knowledge in the first cycle scored 74%, in the second cycle scored 91.40% (very good). d) ) The average of students skills in the first cycle scored 12.4 (good) ) in the second cycle scored 13.1 (very good). The conclusion of research shows discovery learning with audio visual media model can improve the quality of science ‘cita-citaku’ Theme.