Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IV MI Al Iman Banaran dengan menggunakan model Quantum Teaching berbantuan media audiovisual. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) keterampilan guru meningkat setiap siklus, pada siklus I memperoleh skor 23 (cukup), siklus II memperoleh skor 29 (baik), dan siklus III memperoleh skor 33 (sangat baik), (2) aktivitas siswa meningkat setiap siklus, siklus I memperoleh skor 29,04 (baik), siklus II memperoleh skor 31,67 (baik), siklus III memperoleh skor 32,81 (sangat baik), (3) hasil belajar siswa meningkat tiap siklus, dengan ketuntasan klasikal siklus I memperoleh persentase 63% (baik), siklus II memperoleh persentase 70% (baik), siklus III memperoleh persentase 81% (sangat baik). Simpulan penelitian membuktikan penerapan model quantum teaching berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IV MI Al Iman Banaran..

 

The purpose of the research was to improve science instructional quality of students in IV class MI Al Iman Banaran through Quantum Teaching model assisted audiovisual media. The design of the research used classroom action research. The subjects were teacher and 27 students. The data collection techniques used test and non-test, the data analysis used qualitative and quantitative technique. The result of the research showed that the teacher’s skills improved in each cycle, in cycle I scored 23 (enough), cycle II scored 29 (good), and cycle III scored 33 (very good), the students activities improved in each cycle, cycle I scored 29,04 (good), cycle II was 31,67 (good), cycle III was 32,81 (very good), the percentage of classical standard of the instructional result improved in each cycle, in cycle I was 63% (good), cycle II was 70% (good), cycle III was 81% (very good). The conclusion of the research was the implementation of Quantum Teaching model assisted audiovisual media can improve the science instructional quality of students in IV class MI Al Iman Banaran.