Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas V melalui model Think Pair Share dengan media video. Desain penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes.Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan guru pada siklus I mendapat skor 22 (baik), pada siklus II mendapat skor 28 (baik), meningkat pada siklus III menjadi 31 (sangat baik), (2) aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor 25,22 (baik), pada siklus II mendapat skor 25,5 (baik), meningkat pada siklus III menjadi 28,11 (sangat baik), (3) hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 63,15%, siklus II menjadi 71,05%, meningkat pada siklus III menjadi menjadi 94,44%. Simpulan penelitian ini adalah melalui model Think Pair Share dengan media video dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.

 

The purpose of this study is to improve the quality of IPS (Social Sciences) learning through Think Pair Share model by using video for fifth graders. This study used action research method which consisted of three cycles with four stages, namely: planning, implementing, observation, and reflection. The subjects were the teachers ad the students. The collecting data used test and non-test. The data were analyzed qualitatively and quantitatively. The result showed that: (1) the teacher’s skill in the cycle I gained 22 (good), 28 in the cycle II (good), and 31 in the cycle III (very good). (2) The average score of student’s activity in the cycle I was 25.22 (good), 25.50 in the cycle II (good), and 28.11 in the cycle III (very good). (3) Then, the classical completeness was 63.15 %, 71.05 % in the cycle II, and 94.44 % in the cycle III. Therefore, it can be concluded that this model can improve the quality of IPS learning.