PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN MELALUI METODE KARYAWISATA

Main Article Content

Nur Ula Fahman Habibi

Abstract

Keterampilan menulis laporan perjalanan peserta didik kelas VIII A MTs YPI Klambu Grobogan masih rendah. Peneliti mencoba memecahkan masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi proses pembelajaran menulis laporan perjalanan, mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis laporan perjalanan, dan mendeskripsi perubahan perilaku peserta didik kelas VIII A MTs YPI Klambu Grobogan setelah mengikuti pembelajaran menulis laporan perjalanan dengan metode karyawisata. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah keterampilan menulis laporan perjalanan peserta didik kelas VIII A MTs YPI Klambu Grobogan. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis laporan perjalanan dan penggunaan metode karyawisata. Pengambilan data menggunakan instrument tes dan nontes. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Melalui tes prasiklus diperoleh hasil rata-rata 59,72, termasuk kategori kurang. Kemudian pada tes siklus I diperoleh hasil rata-rata 67,79, mengalami peningkatan sebesar 13,51 % dari hasil prasiklus, termasuk kategori cukup. Dari tes siklus II diperoleh rata-rata yaitu 80,76, termasuk kategori baik, dengan peningkatan sebesar 19,13 % dari siklus I. Setelah dilakukan penelitian, diketahui bahwa dengan pembelajaran menulis laporan perjalanan melalui metode karyawisata, peserta didik senang dengan pembelajaran, bersemangat, aktif, dan mandiri dalam mengerjakan tugasnya.

Article Details

How to Cite
Habibi, N. U. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN MELALUI METODE KARYAWISATA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v5i1.11294
Section
Articles
Author Biography

Nur Ula Fahman Habibi, Semarang State University

-

References

Akhadiah, Sabarti. 1997. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlanga.
Juhara, Erwan. 2005. Cendekia Berbahasa Bahasa dan Sastra Indonesia.
Jakarta : PT Setia Purna Inves.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis : sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Marwoto, dkk. 1987. Komposisi Praktis. Yogyakarta: Penerbit Hardinita.

Semiawan, Conny, dkk. 1985. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia

Wardani. 2007. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wijaya, Cece, Tabrani Rusyan. 1991. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.