PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS BERITA PERISTIWA MULTIKULTURAL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Main Article Content

Suci Nur Amalia

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsi kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar, membuat prototipe bahan ajar, memperoleh hasil penilaian dan saran perbaikan guru dan ahli, dan membuat perbaikan prototipe bahan ajar menulis berita peristiwa multikultural dengan pendekatan kontekstual untuk siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan (research and development) yang dilakukan dalam lima tahap penelitian, yaitu survei pendahuluan, awal pengembangan prototipe, desain produk, validasi produk, dan perbaikan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dan guru membutuhkan bahan ajar yang berkualitas dan dapat memenuhi kebutuhan siswa-siswi terhadap teori dan praktik menulis berita sehingga keterampilan dalam menulis berita meningkat, bahan ajar terdiri atas enam bab, nilai rata-rata hasil uji validasi oleh guru sebesar 89,00 dan oleh dosen ahli sebesar 67,50, dan setelah dilakukan perbaikan bahan ajar hanya terdiri atas tiga bab.

Article Details

How to Cite
Amalia, S. (2016). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS BERITA PERISTIWA MULTIKULTURAL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v5i1.11296
Section
Articles
Author Biography

Suci Nur Amalia, Semarang State University

-