PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE

Main Article Content

Khusna Kusumawati

Abstract

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang sangat penting dalam pendidikan. Penulis mengamati kegiatan menulis naskah drama di kelas VIII A SMP Negeri 2 Kedungwuni belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis naskah drama satu babak melalui media kartu gambar dengan metode picture and picture, mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis naskah drama satu babak melalui media kartu gambar dan metode picture and picture, dan mendeskripsikan perubahan perilaku terhadap pembelajaran menulis naskah drama satu babak melalui media kartu gambar dengan metode picture and picture. Penelitian ini menggunakan media kartu gambar dan metode picture and picture dalam pembelajarannya yang diharapkan mampu membantu mengatasi kesulitan siswa dalam menulis naskah drama. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu teknik tes dan nontes. Untuk hasil tes siswa berupa naskah drama satu babak melalui media kartu gambar dengan metode picture and picture, sedangkan hasil nontes siswa berupa laporan hasil observasi, wawancara, jurnal siswa dan guru, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis naskah drama. Siklus I mencapai nilai rata-rata 63,24 dan siklus II mencapai nilai rata-rata 73,76.

Article Details

How to Cite
Kusumawati, K. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v5i1.11299
Section
Articles
Author Biography

Khusna Kusumawati, Semarang State University

-

References

Boudreault. 2010. The Benefits of Using Drama in ESL/EFL Classroom. The Internet TEST Journal. Volume XVI, No 1, Januari 2010.

Nisa, Leylia Arum A. 2012. “Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama dengan metode diskusi dan media kartu karakter pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanggungharjo Tahun 2012”. Skripsi. Unnes.

Komaidi, Didik. 2011. Panduan Lengkap Menulis Kreatif. Yogyakarta: Sabda Media.

Kosasih, E. 2008. Apresiasi Prosa. Jakarta: Nobel Edumedia.

Putra, Kukuh Andriawan Sulistio. 2010. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan menggunakan Metode Picture and Picture melalui Media Gambar Seri pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Timbangreja Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal”. Skripsi. Unnes.

Sayuti, Suminto A. 2003. Sastra Model Posmo dan Pengajarannya. Semarang: Yudhistira.

Stuart. 2004. The Playwright’s Guidebook: An Insightful Primer On The Art Dramatic Writing. Theatre Journal, Vol. 56, Edisi 1. March 2004.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.