PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BERMAIN PERAN UNTUK SISWA SMP
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Buku panduan bermain peran dirasa masih terbatas. Siswa kesulitan dalam mempelajari cara bermain peran dengan baik dan benar karena kurangnya buku penunjang tetang pembelajaran bermain peran. Disamping itu, keterampilan guru juga berpengaruh dengan keberhasilan siswa dalam belajar bermain peran. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengembangkan buku panduan bermain peran. Sehingga, siswa dan guru dapat belajar bermain peran dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kebutuhan peserta didik dan guru terhadap buku panduan bermain peran untuk meningkatkan minat peserta didik dalam bermain peran, (2) membuat prototipe buku panduan bermain peran untuk meningkatkan minat peserta didik dalam bermain peran, (3) memperoleh penilaian dari ahli terhadap buku panduan bermain peran untuk meningkatkan minat peserta didik dalam bermain peran, (4) menghasilkan perbaikan buku panduan bermain peran untuk siswa SMP setelah dilakukan uji validasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dilakukan dengan limat tahap. Sebagai produk pengembangan, produk buku panduan bermain peran untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap latihan bermain peran bagi peserta didik SMP.
Kata kunci: buku panduan, bermani peran, latihan dasar bermain peran, langkah-langkah bermain peran
Absract
Role play guide books are still considered limited. Students are difficult to learn how to role play properly because the book to learn about it is still lack. Besides that, teachers skills also influence the success of students in learning role play. One of the efforts is to develop arole play guide book, so students and teachers can learn role play properly. The aims of this study are (1) to know students and teachers needs of the role playing guide book to oncrease students interest in role playing, (2) to crate prototypes of the role playing guide book to increase students interst in role playing, (3) to obtain an expert assessment of the role playing guide book to increase students interest in role playing, (4) to develop an improvement in the role playing guide nook of Junior High Scool students after validity test. This study uses research and development method (R&D) which is conducted with five stages. As product development, this book is used to meet students and teachers needs og role playing exercises by Junior High School students.
Key word: guide book, role playing, role playing basic training, role playing stages.