PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN UNTUK MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DENGAN METODE P2R DENGAN TEKNIK DISKUSI PADA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUL ATHFAL WEDUNG DEMAK
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Keterampilan siswa dalam membaca dikatakan masih rendah, begitu juga yang terjadi pada siswa kelas V MI.Tarbiyatul Athfal Wedung. Rendahnya keterampilan tersebut disebabkan minat siswa untuk membaca kurang dan beranggapan bahwa membaca itu membosankan dan tidak memiliki arti. Olek karena itu, guru hendaknya memilih teknik yang tepar untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan menggunakan metode P2R dengan teknik diskusi diharapkan dapat mengatasi masalah yang dihadapi itu. Subjek penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman untuk menemukan gagasan utama. Pengumpulanm data menggunakan teknik tes dan nontes. Dari hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan rata-rata siswa dalam menemukan gagasan utama dari 44,50 pada saat prasiklus menjadi 65,50 pada saat siklut 1 meningkat 21, 00 dan 78,50 pada siklus 11.
Kata Kunci: Gagasan utama, metodeP2R, dan tenim diskusi
ABSTRACT
Student skills in reading is said still low, as is also the case in class V MI.Tarbiyatul Athfal Wedung. The low skills due to interest students to read less and think that reading is boring and has no meaning. Therefore, teachers should choose suitable techniques to overcome these problems. By using techniques P2R with discussions expected to overcome the problems facing it. The subjects were reading comprehension skills to find the main idea. Data collecting use test and nontestechniques. From the research, showed an increase in the average student in finding the main idea of 44,50 at the time prasiklus be 65.50 during cycles 1 increased by 21, 00 and 78.50 at 11 cycles.
Keywords: main idea, P2R methods, and techniques discussion