PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES

Main Article Content

Syafiq Hakim Noor
Mimi Mulyani

Abstract

Abstrak


 


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis surat resmi melalui pendekatan keterampilan proses pada peserta didik kelas VIII-A MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis surat resmi pada peserta didik kelas VIII-A MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Dari hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran, peserta didik menjadi lebih perhatian, bersemangat dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, peningkatan keterampilan menulis surat resmi sebesar 10,05% pada siklus II, dan peningkatan perubahan perilaku peserta didik dari perilaku negatif menjadi perilaku positif.


Kata Kunci: menulis surat resmi, pendekatan keterampilan proses


 


 


Abstract


The purpose of this research is improving the skill of writing formal letter through the process-skills approach to the students of grade VIII-A of MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak. The design of this research is classroom action research. The subject of this research is the skill of writing formal letter of the students of grade VIII-A of MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak. The technique of collecting data uses test and non-test techniques. From the research, showed an increasement in the learning process, the students become more attentive, eager and more active in participating learning process, the improvement of writing formal letter increased by 10.5% in the second cycle, and there are behavioral changes of students from negative into positive behavior.


Keywords: writing formal letters, process-skills approach

Article Details

How to Cite
Noor, S., & Mulyani, M. (2017). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 35-41. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v5i2.14705
Section
Articles