PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM MENGGUNAKAN METODE PARTISIPATORI DENGAN MEDIA GAMBAR

Main Article Content

Anisa Nur Laeli

Abstract

Tujuan dari penelitian  ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pembelajaran menulis puisi keindahan alam
siswa kelas VIIB SMP Nurul Salam Bantarbolang  menggunakan metode partisipatori dengan media gambar,
mendeskripsikan  peningkatan kemampuan menulis puisi keindahan alam  siswa kelas VIIB SMP Nurul Salam
Bantarbolang  menggunakan metode partisipatori dengan media gambar, dan mendeskripsikan perubahan
tingkah laku siswa.  Metode partisipatori. Hasil penelitian  menunjukkan adanya peningkatan keterampilan
menulis puisi keindahan alam. Siklus I nilai rata-rata kelas 64,83 dan siklus II 78.

The purpose of this research is to describe learning quality in writing poet of nature beauty for 7
th
B grade of SMP Nurul Salam
Bantarbolang students using  participatory  with pictures media method, describing the development of writing nature beauty
poet’s ability for 7
th
B grade of SMP Nurul Salam Bantarbolang students using participatori with pictures media method, and
describing students’  behavior change. Participatory  method. The result shows that there is development of writing nature
beauty poet’s skill. The average of cycle I is 64,83 and cycle II is 78.

Article Details

How to Cite
Laeli, A. (2013). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM MENGGUNAKAN METODE PARTISIPATORI DENGAN MEDIA GAMBAR. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v2i2.2357
Section
Articles

References

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata
Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
SMP/MTs. Jakarta: Depdiknas.
Endraswara, Suwardi. 2003.Pengajaran
Sastra. Yogyakarta: Pustaka
Widyatama.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan
Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa
dan Sastra. Surabaya: SIC.
Waluyo, Herman J.1997. Teori dan Apresiasi
Puisi. Jakarta: Erlangga.