MEREFLEKSI ISI PUISI DENGAN METODE STUDI KASUS KREASI SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL
Main Article Content
Abstract
Dalam observasi yang dilakukan, nilai keterampilan merefleksi isi puisi siswa kelas VII Imersi SMP Negeri 1
Parakan Kabupaten Temanggung belum memenuhi nilai ketuntasan minimal. Siswa masih kesulitan dalam
mengartikan isi puisi yang menggunakan bahasa yang artistik, kata-kata konotatif, dan komposisi yang padat.
Selain itu guru masih menggunakan cara konvensional dalam mengajarkan sastra dan belum menuju kepada
arah menjadikan siswa memahami secara emosional, imajinatif, dan estetis suatu karya sastra. Permasalahan
tersebut diselesaikan dengan metode studi kasus kreasi siswa dengan menggunakan media audiovisual. Hasil
penelitian menunjukkan peningkatan. Pada siklus I diperoleh hasil rata-rata kelas 67,28 (kategori cukup). Setelah
dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh rata-rata kelas 85,03 ( kategori sangat baik) atau mengalami
peningkatan sebesar 17,75 atau sekitar 20,88%, peningkatan proses pembelajaran, dan perilaku siswa mengalami
perubahan kearah positif
In this research, the skill mark to reflect the contains of the poem in 7
th
grade imersi class SMP N 1 Parakan, Temanggung
regency not meet a demand of minimum mark yet. The students have difficulties in interpreting the contents of the poem that
used artistic language, connotative meaning, and complex composition. In addition, the teachers still apply the conventional
way to teach literature. The aim to make students understand belles letters particularly in emotional, imaginative, and
aesthetic does not applied by the teacher yet. Those problems are done by the student-create case tudies method by means of
audiovisual media. The results of the research show the increasing. In the cycle I, the average class show 67,28 (enough
category). After the action in cycle II, the average class show 85,03 (very good category) or it shows the increasing of 17,75 or
about 20,88%. The result shows that there is learning process increasing and the students behavior change in to positive.
Article Details
References
Meddia Video Klip Puisi Sebagai
Alternatif Media Pembelajaran
Mengapresiasi Puisi Siswa Kelas VII
SMP”. Skripsi. Universitas Negeri
Semarang.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain.
2010. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Rineka Cipta.
Doyin, Mukh. 2008. Seni Baca Puisi:
Persiapan, Pelatihan, Pementasan, dan
Penilaian. Semarang: Bandungan
Institute.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metodologi
Penelitian Sastra: Epistemologi, Model,
Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Media
Pressindo.
Fitriana. 2009. “Peningkatan Keterampilan
Mengapresiasi Puisi dengan Model
Sinektik oleh Gordon Siswa Kelas X
SMA N 2 Kendal Tahun Ajaran
2009/2010”. Skripsi. Universitas
Negeri Semarang.
Haswiyanti, Fenty. 2010. “Peningkatan
Keterampilan Mengapresiasi Puisi
Melalui Pendekatan Sosiopragmatik
dengan Penerapan Model
Pembelajaran Stratta Siswa Kelas VII
C SMP Negeri 3 Batang”. Skripsi.
Universitas Negeri Semarang.
Kinloch, Valerie F. 2005. Poetry, Literacy,
and Creativity: Fostering Effective
Learning Strategies in an Urban
Classroom. English Education, Vol. 37,
No. 2, Januari 2005.
Nugraheni, Molas Warsi. 2009.
“Peningkatan Keterampilan
Memahami Puisi dengan Pendekatan
Analisis Teknik Stratta Siswa Kelas
X-1 SMA Islam Sudirman Tembarak
Kabupaten Temanggung”. Skripsi.
Universitas Negeri Semarang.
Riyanti, Tri. 2011. “Peningkatan
Kemampuan Merefleksi Isi Puisi
dengan Teknik Parafrasa dan Media
Video (VCD) Sinematisasi Puisi Pada
Siswa Kelas VII-E SMP Negeri 2
Gabus Kabupaten Pati”. Skripsi.
Universitas Negeri Semarang.
Ryan, Stephen. 1998. Using Films to
Develop Learner Motivation. The
Internet TESL Journal, Vol. IV, No. 11,
November 1998.
Silberman, Mel. 2006. Active Learning 101
Strategi Pembelajaran Aktif.
Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sudjana, Nana. 2005. Penialaian Hasil Belajar
Mengajar. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.