PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI DENGAN BAHASA SENDIRI MELALUI MEDIA FILM DONGENG PADA PESERTA DIDIK KELAS VII B MTS MU’ALLIMIN MALEBO TEMANGGUNG
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menentukan besaran peningkatan keterampilan menulis kembali dongeng dengan
bahasa sendiri, dan memaparkan perubahan perilaku siswa kelas VII B MTs Mu’allimin Malebo setelah
mengikuti pembelajaran keterampilan menulis dongeng dengan media film dongeng cerita rakyat. Proses
tindakan pada siklus I dan siklus II meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang
digunakan, yaitu instrumen tes dan nontes.Teknik analisis menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa nilai pra siklus sebesar 46,00 kategori kurang, siklus I sebesar 53,33 kategori
cukup dan siklus II 71,50 kategori baik. Dengan demikian terdapat perubahan positif perilaku siswa terhadap
pembelajaran keterampilan menulis kembali dengan bahasa sendiri melalui media film dongeng cerita rakyat
The purpose of this study was to determine the amount of increase in the skill of writing back tale with its own language, and
describe changes in behavior class VII B MTs Mu'allimin Malebo after participating in learning writing skills with the
medium of film fairy tale folklore. Action process in the first cycle and second cycle including planning, action, observation, and
reflection. The instrument is used, the test instrument and nontes.Teknik analysis using quantitative and qualitative
techniques. The results showed that pre-cycle value of 46.00 is less category, the first cycle of 53.33 category and 71.50 second
cycle both categories. Thus there is a positive change in the behavior of students towards learning the skills to write back with
their own language through the medium of film folklore tales
Article Details
References
Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama
Press.
Nursisto. 1999. Penuntun Mengarang.
Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa
Nursisto. 2000. Ikhtisar Kesusastraan
Indonesia. Yogyakarta: Adicipta
Karya Nusa.
Suhartanto. 2005. Dasar-Dasar Teori
Sastra. Semarang: Rumah
Indonesia
Supardo, Nursinah. 1956. Kesusastraan
Indonesia. Jakarta: Fasco.
Titik W.S., dkk. 2003. Teknik Menulis
Cerita Anak. Yogyakarta:
Pinkbooks.
Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan
Sekolah Penunjang Pembelajaran
Bahasa Indunesia SMP dan SMA.
Jakarta: Grasindo