MEMBACA CEPAT UNTUK MENYIMPULKAN ISI BACAAN MENGGUNAKAN TEKNIK TAYANG KILAS DENGAN MEDIA FILM TERJEMAHAN

Main Article Content

Emy Purwanitaningrum

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah  mengidentifikasi  proses pembelajaran,  mendiskripsikan  perubahan perilaku, dan
peningkatan hasil keterampilan membaca cepat menggunakan teknik tayang kilas dengan media film terjemahan
pada siswa kelas VII C SMP N 2 Jepon.  Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas  yang
dilaksanakan dalam dua siklus.  Hasil penelitian  menunjukkan  adanya peningkatan  pada proses pembelajaran
menjadi lebih kondusif   dan hasil tes sebesar 19% dari  nilai rata-rata pada siklus I  66 menjadi 85  pada siklus II.
Peningkatan ini  diikuti perubahan perilaku siswa  ke arah yang lebih positif, mencangkup lima karakter yaitu
perhatian siswa, respon, tanggung jawab, cara siswa menanggapi, dan aktivitas membuat catatan.

Formulation of the problem in this research is how to increase learning, behavior change, and the results of rapid reading skills
using techniques  with  the medium of film  running  flash  translation  in class  VII  C  SMP  N 2  Jepon.  The study design  used
classroom action research  conducted in two cycles.  The results showed  an increase  of 19%  from  the average  value  in the first
cycle 66 to 85 on the second cycle. This increase was followed by a change in the learning process becomes  more controlled  and
conducive, as well as changes in students' behavior in a more positive direction.

Article Details

How to Cite
Purwanitaningrum, E. (2013). MEMBACA CEPAT UNTUK MENYIMPULKAN ISI BACAAN MENGGUNAKAN TEKNIK TAYANG KILAS DENGAN MEDIA FILM TERJEMAHAN. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v2i2.2392
Section
Articles

References

Apriyanti. 2004. “ Peningkatan
Keterampilan Membaca Cepat
dengan Teknik Membaca Super Gaya
Accelerated Learning pada Siswa
Kelas VII A SMP Negeri 1 Doro
Kabupaten Pekalongan”. Skripsi.
Universitas Negeri Semarang.
Dyson, Mary C. Dan Mark Haselgrove.
2000. “The Effect of Reading Spef and
Reading Patterns on The
Understanding of The Teks Read
From Screen”. Journal of
Research in reading. Volume 23.
Universitas Negeri Semarang.
Fitriyanti, Umi. 2011. “Peningkatan
Keterampilan Membaca Cepat 200
Kpm dengan Teknik Skimming
melalui Metode Kalimat pada Siswa
Kelas VII A MTs NU Jogoloyo
Demak. Skripsi. Universitas Negeri
Semarang.
Haryadi. 2008. Retorika Membaca Model,
Metode, dan Teknik. Semarang: Rumah
Indonesia.
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu
Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva
Press.
Maryadi. 2010. “Peningkatan Keterampilan
Membaca Cepat 250 Kpm Teks Berita
Menggunakan Metode Gerak Mata
Pola Horisontal melalui Model
Membaca Timbal Balik pada Siswa
Kelas VII A SMP Negeri 5
Ambarawa Kabupaten Semarang”.
Skripsi .Universitas Negeri Semarang.
Murdiyani, 2011. “ Peningkatan
Keterampilan Membaca Cepat
Menggunakan Metode Kalimat
Media Teks Berjalan (Marquee) Siswa
Kelas VIII D SMP Negeri 4 Cepiring
Kecamatan Cepiring”. Skripsi.
Universitas Negeri Semarang.
Nurhadi. 2005. Bagaimana Meningkatkan
Kemmapuan membaca?. Malang: Sinar
Baru Algesindo.
Rasinski, Timothy dan Lisa Lenhart. 2000.
“Explorations of Fluent Readers”.
http://www.reading.org/General/Public
ations/ReadingToday/RTY-0712
explorations.aspx. diunduh pada 19
Januari 2012.
Waingwrighat, Gordon. 2001. ‘Seed
Reading Better Recording”.
Terjemahan Heru Sutrisno.
2006. Manfaatkan Teknik-teknik Teruji
untuk Membaca Lebih Cepat dan
Mengingatkan secara Maksimal. Jakarta
: Gramedia Pustaka Umum.