MEMBACA CEPAT UNTUK MENYIMPULKAN ISI BACAAN MENGGUNAKAN TEKNIK TAYANG KILAS DENGAN MEDIA FILM TERJEMAHAN
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi proses pembelajaran, mendiskripsikan perubahan perilaku, dan
peningkatan hasil keterampilan membaca cepat menggunakan teknik tayang kilas dengan media film terjemahan
pada siswa kelas VII C SMP N 2 Jepon. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada proses pembelajaran
menjadi lebih kondusif dan hasil tes sebesar 19% dari nilai rata-rata pada siklus I 66 menjadi 85 pada siklus II.
Peningkatan ini diikuti perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih positif, mencangkup lima karakter yaitu
perhatian siswa, respon, tanggung jawab, cara siswa menanggapi, dan aktivitas membuat catatan.
Formulation of the problem in this research is how to increase learning, behavior change, and the results of rapid reading skills
using techniques with the medium of film running flash translation in class VII C SMP N 2 Jepon. The study design used
classroom action research conducted in two cycles. The results showed an increase of 19% from the average value in the first
cycle 66 to 85 on the second cycle. This increase was followed by a change in the learning process becomes more controlled and
conducive, as well as changes in students' behavior in a more positive direction.
Article Details
References
Keterampilan Membaca Cepat
dengan Teknik Membaca Super Gaya
Accelerated Learning pada Siswa
Kelas VII A SMP Negeri 1 Doro
Kabupaten Pekalongan”. Skripsi.
Universitas Negeri Semarang.
Dyson, Mary C. Dan Mark Haselgrove.
2000. “The Effect of Reading Spef and
Reading Patterns on The
Understanding of The Teks Read
From Screen”. Journal of
Research in reading. Volume 23.
Universitas Negeri Semarang.
Fitriyanti, Umi. 2011. “Peningkatan
Keterampilan Membaca Cepat 200
Kpm dengan Teknik Skimming
melalui Metode Kalimat pada Siswa
Kelas VII A MTs NU Jogoloyo
Demak. Skripsi. Universitas Negeri
Semarang.
Haryadi. 2008. Retorika Membaca Model,
Metode, dan Teknik. Semarang: Rumah
Indonesia.
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu
Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva
Press.
Maryadi. 2010. “Peningkatan Keterampilan
Membaca Cepat 250 Kpm Teks Berita
Menggunakan Metode Gerak Mata
Pola Horisontal melalui Model
Membaca Timbal Balik pada Siswa
Kelas VII A SMP Negeri 5
Ambarawa Kabupaten Semarang”.
Skripsi .Universitas Negeri Semarang.
Murdiyani, 2011. “ Peningkatan
Keterampilan Membaca Cepat
Menggunakan Metode Kalimat
Media Teks Berjalan (Marquee) Siswa
Kelas VIII D SMP Negeri 4 Cepiring
Kecamatan Cepiring”. Skripsi.
Universitas Negeri Semarang.
Nurhadi. 2005. Bagaimana Meningkatkan
Kemmapuan membaca?. Malang: Sinar
Baru Algesindo.
Rasinski, Timothy dan Lisa Lenhart. 2000.
“Explorations of Fluent Readers”.
http://www.reading.org/General/Public
ations/ReadingToday/RTY-0712
explorations.aspx. diunduh pada 19
Januari 2012.
Waingwrighat, Gordon. 2001. ‘Seed
Reading Better Recording”.
Terjemahan Heru Sutrisno.
2006. Manfaatkan Teknik-teknik Teruji
untuk Membaca Lebih Cepat dan
Mengingatkan secara Maksimal. Jakarta
: Gramedia Pustaka Umum.