PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK INKUIRI DAN LATIHAN TERBIMBING
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis puisi, mendeskripsikan
peningkatan kemampuan menulis puisi, mendeskripsikan perubahan sikap siswa, dan mendeskripsikan
tanggapan siswa terhadap pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik inkuiri dan latihan terbimbing.
Proses tindakan pada siklus I dan Siklus II meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen
yang digunakan, yaitu instrumen tes dan nontes. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan teknik
kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi
menggunakan teknik inkuiri dan latihan terbimbing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Boja . Nilai rata-rata
kelas pada siklus I mencapai 66,81 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II
menjadi 81,46 atau dalam kategori baik. Pada siklus I ke siklus II meningkat 14,65 atau sebesar 21,93%.
Peningkatan keterampilan menulis puisi juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif ke
perilaku positif
The purpose of the research are to describe the learning process of writing poetry, to describe the improvement of students’ skill
in writing poetry, to describe the changes of students’ behavior, and to describe the students’ response to the learning activity in
writing poetry by using inquiry technique and guided practice. The action procces of cycle I and II include planning, action,
observation, and reflection. The Instruments used in the research are test and non-test. Data analysis technique used in the
research are quantitative and qualitative. The result of this study showed that there were some improvements in writing poetry
using inquiry and guided practice technique of the students in class VIII SMP Negeri 02 Boja. The average of the students’
score in cycle 1 was 66.81 or in the enough category and increased in cyle 2 became 81.46 or in the good category. Cycle 1
increased 14.65 to cycle 2 or as big as 21.93%. The improvements of writing poetry was also followed by behavior change of the
students from negative to positive behavior.
Article Details
References
Menulis Kretif Puisi Tentang
Peristiwa Yang Paling Berkasan
dengan Menggunakan Metode
Discovery-Inquiri Siswa Kelas VII
A SMP Negeri Donorejo
Kabupaten Pacitan”. Skripsi.
Semarang: Universitas Negeri
Semarang.
B-Ikeguchi, Cecilia. 1997. “Teaching
Integrated Writing Skills.”
International Journal for Teachers of
Writing Skills. Volume III, Number
3 (Online). http: //iteslj.org/.
Diunduh tanggal 11 Februari 2012.
Jabrohim, dkk. 2003. Cara Menulis Kreatif.
Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Karningsih. 2007. “Peningkatan
Keterampilan Menulis Puisi dengan
Media Lirik Lagu Iwan fals melelui
Metode Latihan Terbimbing pada
Siswa kelas X-2 SMA Tunas Partia
Ungaran”. Skripsi. Semarang:
Universitas Negeri Semarang.
Linaberger, M. (2004, December). Poetry
Top 10: Afoolproof Formula for
Teaching Poetry. The Reading
Teacher, 58(4), 366-372. doi:
10.1598/RT.58..4.6
Martiana. Tanita. 2007. “Peningkatan
Keterampilan Menulis Puisi untuk
Mengungkapkan Pengalaman
Pribadi melalui Sumber Belajar
Lingkungan Sosial dengan Teknik
Latihan Terbimbing Siswa Kelas
VIIB SMP PGRI 13 Kendal”.
Skripsi. Semarang: Universitas
Negeri Semarang.
Mislichah. 2008. “Peningkatan
Keterampilan Menulis Puisi
Berbasis Keindahan Alam dengan
Media Lukisan Panorama Serta
Teknik Pemberian Kata Kunci
Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2
Ambarawa Kabupaten Semarang
Tahun Pelajaran 2007/2008”.
Skripsi. Semarang: Universitas
Negeri Semarang.
Ngainah. 2008. “Peningkatan
Keterampilan Menulis Puisi dengan
Media Musik dan Gambar Siswa
Kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran”.
Skripsi. Semarang: Universitas
Negeri Semarang.
Pradopo, rachmad joko. 2002. Pengkajian
Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada
Press.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta. Rineka Cipta.
Suharianto. 2009. Pengantar Apresiasi Puisi.
Semarang: Bandungan Institute.
Tarigan, Henry Guntur. 1993. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung:
Angkasa.
Waluyo, Herman J . 2003. Apresiasi Puisi.
Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Utama.
Widowati. 2007. ”Peningkatan
Keterampilan Menulis Puisi dengan
Teknik Pengamatan Objek secara
Langsung pada Siswa Kelas X
SMA Al Asror Patemon
Gunungpati Semarang Tahun
Ajaran 2006/2007”. Skripsi.
Semarang: Universitas Negeri
Semarang.
Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah.
Jakarta: Gramedia.