PENINGKATAN APRESIASI UNSUR PEMBACAAN PUISI DENGAN VIDEO CRITIC MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS VII
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengapresiasi unsur pembacaan puisi siswa kelas VII-F SMP Negeri 1 Kedungwuni. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data
dilakukan dengan teknik tes dan nontes yang selanjtnya data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil
penelitian, menunjukkan adanya peningkatan sebesar 23,5 % dari 63 pada siklus I menjadi 77,8 pada siklus II.
Siswa juga menjadi lebih antusias selama proses pembelajaran.
The research purposed to improve skill in apreciating element of poetry reading of students VII grades in SMP Negeri 1
Kedungwuni. The research method has used classroom action research. Collecting the data has used test technique and non-test, then the data has been analysed by using qualitative and quantitative method. The result of research showed that there
was improvement as big as 23,5% of cycle I 63 became 77,8 in cycle II. Students also were more enthusiastic during leraning
process
Article Details
References
Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.
Rineka Cipta.
Doyin, Mukh. 2008. Seni Baca Puisi (Persiapan,
Pelatihan, dan Pementasan, dan Penilaian).
Semarang: Bandungan Institute.
Firmawanti, Magfiroh. 2007. “Peningkatan
Keterampilan Menyimak Puisi dengan
Media Audio Siswa Kelas VII D SMP
Islam Ngadirejo Kabupaten Temanggung
Tahun Ajaran 2006/2007”. Skripsi:
Universitas Negeri Semarang.
Hani, Rahmat Rizqy. 2011. “Peningkatan
Keterampilan Memerankan Drama
Menggunakan Metode Video Critic dan
Media Musik Instrumental pada Siswa
Kelas XI IPA 2 SMA Negeri Sragi
Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran
2010/2011”. Skripsi. Universitas Negeri
Semarang.
Marlina, Ice. 2007. “Peningkatan Keterampilan
Menyimak Puisi Menggunakan Media
Audiovisual dengan Komponen
Masyarakat Belajar pada Siswa Kelas VII-B SMP Islam Al-Kautsar Semarang
Tahun Ajaran 2006/2007”. Skripsi.
Universitas Negeri Semarang.
Nadeak, Wilson. 1985. Pengajaran Apresiasi Puisi
untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.
Bandung: CV. Sinar Baru.
Qomariyah, U’um. 2010. “Peningkatan
Kemampuan Mengapresiasi Puisi Melalui
Latar Pembacaan Puisi dalam Video
Compact Disk (VCD) pada Siswa SMA
Negeri 15 Semarang”. journal.unnes.ac.id
diunduh pada 25 Maret 2012, pukul 10.15
WIB.
Ryan, Stephen. 1998. “Using Film to Develop
Learner Motivation”. The Internet TESL
Journal, Vol. IV No. 11, November.
Diunduh pada 20 Maret 2012, pukul 10.30
WIB.
Silberman, Mel. 2009. Active Learning.
Diterjemahkan oleh Komaruddin
Hidayat. Yogyakarta: Pustaka Insani
Madani