MEREFLEKSI ISI PUISI DENGAN METODE STUDI KASUS KREASI SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL
Main Article Content
Abstract
Dalam observasi yang dilakukan, nilai keterampilan merefleksi isi puisi siswa kelas VII Imersi SMP Negeri 1 Parakan Kabupaten Temanggung belum memenuhi nilai ketuntasan minimal. Siswa masih kesulitan dalam mengartikan isi puisi yang menggunakan bahasa yang artistik, kata-kata konotatif, dan komposisi yang padat. Selain itu guru masih menggunakan cara konvensional dalam mengajarkan sastra dan belum menuju kepada arah menjadikan siswa memahami secara emosional, imajinatif, dan estetis suatu karya sastra. Permasalahan tersebut diselesaikan dengan metode studi kasus kreasi siswa dengan menggunakan media audiovisual. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan. Pada siklus I diperoleh hasil rata-rata kelas 67,28 (kategori cukup). Setelah dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh rata-rata kelas 85,03 ( kategori sangat baik) atau mengalami peningkatan sebesar 17,75 atau sekitar 20,88%, peningkatan proses pembelajaran, dan perilaku siswa mengalami perubahan kearah positif.
In this research, the skill mark to reflect the contains of the poem in 7th grade imersi class SMP N 1 Parakan, Temanggung regency not meet a demand of minimum mark yet. The students have difficulties in interpreting the contents of the poem that used artistic language, connotative meaning, and complex composition. In addition, the teachers still apply the conventional way to teach literature. The aim to make students understand belles letters particularly in emotional, imaginative, and aesthetic does not applied by the teacher yet. Those problems are done by the student-create case tudies method by means of audiovisual media. The results of the research show the increasing. In the cycle I, the average class show 67,28 (enough category). After the action in cycle II, the average class show 85,03 (very good category) or it shows the increasing of 17,75 or about 20,88%. The result shows that there is learning process increasing and the students behavior change in to positive.
Article Details
References
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Doyin, Mukh. 2008. Seni Baca Puisi: Persiapan, Pelatihan, Pementasan, dan Penilaian. Semarang: Bandungan Institute.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Media Pressindo.
Fitriana. 2009. “Peningkatan Keterampilan Mengapresiasi Puisi dengan Model Sinektik oleh Gordon Siswa Kelas X SMA N 2 Kendal Tahun Ajaran 2009/2010â€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Haswiyanti, Fenty. 2010. “Peningkatan Keterampilan Mengapresiasi Puisi Melalui Pendekatan Sosiopragmatik dengan Penerapan Model Pembelajaran Stratta Siswa Kelas VII C SMP Negeri 3 Batangâ€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Kinloch, Valerie F. 2005. Poetry, Literacy, and Creativity: Fostering Effective Learning Strategies in an Urban Classroom. English Education, Vol. 37, No. 2, Januari 2005.
Nugraheni, Molas Warsi. 2009. “Peningkatan Keterampilan Memahami Puisi dengan Pendekatan Analisis Teknik Stratta Siswa Kelas X-1 SMA Islam Sudirman Tembarak Kabupaten Temanggungâ€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Riyanti, Tri. 2011. “Peningkatan Kemampuan Merefleksi Isi Puisi dengan Teknik Parafrasa dan Media Video (VCD) Sinematisasi Puisi Pada Siswa Kelas VII-E SMP Negeri 2 Gabus Kabupaten Patiâ€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Ryan, Stephen. 1998. Using Films to Develop Learner Motivation. The Internet TESL Journal, Vol. IV, No. 11, November 1998.
Silberman, Mel. 2006. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sudjana, Nana. 2005. Penialaian Hasil Belajar