PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI DENGAN BAHASA SENDIRI MELALUI MEDIA FILM DONGENG PADA PESERTA DIDIK KELAS VII B MTS MU’ALLIMIN MALEBO TEMANGGUNG
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menentukan besaran peningkatan keterampilan menulis kembali dongeng dengan bahasa sendiri, dan memaparkan perubahan perilaku siswa kelas VII B MTs Mu’allimin Malebo setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis dongeng dengan media film dongeng cerita rakyat. Proses tindakan pada siklus I dan siklus II meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan, yaitu instrumen tes dan nontes.Teknik analisis menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pra siklus sebesar 46,00 kategori kurang, siklus I sebesar 53,33 kategori cukup dan siklus II 71,50 kategori baik. Dengan demikian terdapat perubahan positif perilaku siswa terhadap pembelajaran keterampilan menulis kembali dengan bahasa sendiri melalui media film dongeng cerita rakyat.
The purpose of this study was to determine the amount of increase in the skill of writing back tale with its own language, and describe changes in behavior class VII B MTs Mu'allimin Malebo after participating in learning writing skills with the medium of film fairy tale folklore. Action process in the first cycle and second cycle including planning, action, observation, and reflection. The instrument is used, the test instrument and nontes.Teknik analysis using quantitative and qualitative techniques. The results showed that pre-cycle value of 46.00 is less category, the first cycle of 53.33 category and 71.50 second cycle both categories. Thus there is a positive change in the behavior of students towards learning the skills to write back with their own language through the medium of film folklore tales.
Article Details
References
Nursisto. 1999. Penuntun Mengarang. Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa
Nursisto. 2000. Ikhtisar Kesusastraan Indonesia. Yogyakarta: Adicipta Karya Nusa.
Suhartanto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia
Supardo, Nursinah. 1956. Kesusastraan Indonesia. Jakarta: Fasco.
Titik W.S., dkk. 2003. Teknik Menulis Cerita Anak. Yogyakarta: Pinkbooks.
Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah Penunjang Pembelajaran Bahasa Indunesia SMP dan SMA. Jakarta: Grasindo.