PENINGKATAN MENYIMAK DONGENG MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO DENGAN STRATEGI MEMBANGKITKAN RASA INGIN TAHU PADA SISWA KELAS VIIA

Main Article Content

Eka Retnaningsih
Nas Haryati
Deby Luriawati Luriawati

Abstract

Tujuan penelitaian ini, yaitu untuk mendeskpripsikan peningkatan keterampilan menyimak dongeng dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Winong dalam pembelajaran menyimak dongeng menggunakan media audio dengan strategi membangkitkan rasa ingin tahu. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menyimak dongeng. Siklus I nilai rata-rata kelas 72,8 dan siklus II 80. Perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami perubahan kearah yang lebih positif.

The purpose of the research, are to describe the improvement of students’ skill listen fairy and to describe changes of students’ behavior in class VIIA SMP Negeri 1 Winong in the teaching listen fairy use audio media and curiosity arousing strategy. Design research use action class research  which is done in two step, that is cycle I and II. Data collection is done by test and non-test technique. The result of the research shows an improvement skill of listening fairy. The average class mark in cycle I is 72,8 and in cycle II is 80. The students’ behavior in this learning changes into positive.

Article Details

How to Cite
Retnaningsih, E., Haryati, N., & Luriawati, D. L. (1). PENINGKATAN MENYIMAK DONGENG MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO DENGAN STRATEGI MEMBANGKITKAN RASA INGIN TAHU PADA SISWA KELAS VIIA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v3i1.4005
Section
Articles

References

Jatmoko, Sigit Setyo. 2005. “Peningkatan Keterampilan Menyimak Media Audio pada Siswa Kelas VII SMP Cinde Semarang.” Skripsi. Semarang: FBS UNNES

Mello, Robin 2001. “The Power of Storytelling: How Oral Narrative influences children’s Relationships in Classrooms” International Journal of education and art, Vol. 2 no 1.

Silberman, Mel. 2009. Active Learning. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Sudjana, Nana, Ahmad Rifai. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sugiarto, Eko. 2009. Mengenal Dongeng dan Prosa Lama. Yogyakarta: Pustaka Widyatama

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.