PENINGKATAN MENYIMAK DONGENG MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO DENGAN STRATEGI MEMBANGKITKAN RASA INGIN TAHU PADA SISWA KELAS VIIA
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitaian ini, yaitu untuk mendeskpripsikan peningkatan keterampilan menyimak dongeng dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Winong dalam pembelajaran menyimak dongeng menggunakan media audio dengan strategi membangkitkan rasa ingin tahu. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menyimak dongeng. Siklus I nilai rata-rata kelas 72,8 dan siklus II 80. Perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami perubahan kearah yang lebih positif.
The purpose of the research, are to describe the improvement of students’ skill listen fairy and to describe changes of students’ behavior in class VIIA SMP Negeri 1 Winong in the teaching listen fairy use audio media and curiosity arousing strategy. Design research use action class research which is done in two step, that is cycle I and II. Data collection is done by test and non-test technique. The result of the research shows an improvement skill of listening fairy. The average class mark in cycle I is 72,8 and in cycle II is 80. The students’ behavior in this learning changes into positive.
Article Details
References
Mello, Robin 2001. “The Power of Storytelling: How Oral Narrative influences children’s Relationships in Classrooms†International Journal of education and art, Vol. 2 no 1.
Silberman, Mel. 2009. Active Learning. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sudjana, Nana, Ahmad Rifai. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sugiarto, Eko. 2009. Mengenal Dongeng dan Prosa Lama. Yogyakarta: Pustaka Widyatama
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.