PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MEMO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DAN MEDIA KOMIK BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER
Main Article Content
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran, peningkatan, dan perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis memo dengan menggunakan model jigsaw dan media komik bermuatan pendidikan karakter? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu proses tindakan siklus I dan siklus II. Hasil tes siklus I diperoleh nilai rata-rata 72,78 dan siklus II diperoleh nilai rata-rata 83,35. Hasil tes tersebut mengalami peningkatan sebesar 10,57 atau 14,52%. Terjadi perubahan perilaku pada siswa dari aspek keaktifan, keantusiasan, percaya diri, dan tanggung jawab.
Formulation of the problem in this research is how the process of learning, improvement, and behavioral changes after joining the learning skills of students wrote a memo to the jigsaw models and character building education through comics? This research is a classroom action research (PTK) and implemented in two cycles, namely the action cycle I and cycle II. First cycle test results obtained by the average value of 72.78 and a second cycle of the average values ​​obtained 83.35. The test results are an increase of 10.57 or 14.52%. Behavioral changes in students from the aspect of activity, sight of people exiting, confidence, and responsibility.
Article Details
References
Semarangâ€. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Edwards-Groves, Christine. 2012. Interactive Creative Technologies: Changing Learning Practices and Pedagogies in the Writing Classroom. Australian Journal of Language and Literacy 35.1 (2012): 99+. Gale Education, Religion and Humanities Lite Package. Diunduh pada tanggal 26 Oktober 2012.
Hayes, B. Grant, Sally V. Lewis, dan Edward H. Robinson, III. 2011. Apply Curriculum Character Education Authentic. Pendidikan Anak Usia 87,4 (2011): 227 +. Gale Education, Religion and Humanities Lite Package. Diunduh pada tanggal 26 Oktober 2012.
Jones, Darolyn "Lyn", James W. Jones, and Peter J. Murk. Writing Collaboratively: Priority, Practice, and Process. Adult Learning 23.2 (2012): 90+. Gale Education, Religion and Humanities Lite Package. Diunduh pada tanggal 26 Oktober 2012.
Keraf, Gorys. 1980. Komposisi. Flores : Nusa Indah.
Lie, Anita. 2007. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.
Pramesti, Desiana Dwi. 2009. “Peningkatan Keterampilan Menulis Pesan Singkat (Memo) Melalui Pendekatan Keterampilan Proses dengan Berbasis Multimedia pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 40 Semarangâ€. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Sauri, Sofyan. 2003. Pengembangan Strategi Pendidikan Berbahasa Santun di Sekolah. Universitas Pendidikan Indonesia: Mimbar Pendidikan.
Susianto, Dwi. 2007. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw Untuk Meningkatan Perilaku Sosial Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI IPS 2 SMANegeri Jumapolo Karanganyar Tahun Pelajaran 2006/2007. Disajikan pada Seminar Nasional Pembelajaran Geografi 2011.
Shields, David Light. Character as the Aim of Education: We Have Too Often Equated Excellence of Education with Quantity of the Content Learned, Rather Than with Quality of Character the Person Develops. Phi Delta Kappan 92.8 (2011): 48+. Gale Education, Religion and Humanities Lite Package. Diunduh pada tanggal 26 Oktober 2012.
Wahyudi, Udik Agus Dwi. 2011. Pengembangan Model Reproduksi Cerpen untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bermuatan Pendidikan Karakter Siswa SMA. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Zaim. 2009. “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Menyampaikan Laporan Perjalanan pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 11 Semarangâ€. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.