PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS KLASIFIKASI MENGGUNAKAN METODE SQ3R DENGAN MEDIA GAMBAR
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran membaca teks klasifikasi peserta didik kelas X-2 SMA Taruna Nusantara Magelang belum terlaksana secara optimal karena pembelajaran yang dilakukan belum mampu memotivasi peserta didik dengan baik. Perlu metode dan media pembelajaran yang lebih efektif dan mampu memotivasi peserta didik. Upaya meningkatkan keterampilan membaca teks klasifikasi peserta didik kelas X-2 SMA Taruna Nusantara Magelang yaitu menggunakan metode SQ3R dengan media gambar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan secara signifikan. Rata-rata nilai keterampilan peserta didik pada siklus I 82 dengan persentase ketuntasan 57%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat signifikan menjadi 93 dengan ketuntasan 100%. Peningkatan keterampilan membaca teks klasifikasi ini juga diikuti perubahan sikap religius dan sosial ke arah yang lebih baik. Respon peserta didik terhadap pembelajaran juga sangan baik.
Learning of report text reading in SMA Taruna Nusantara Magelang is not performing well cause the students haven’t been motivated by the lesson. They need a method and media on this learning which can motivate the students. The effort to improve the reading skill of report text of SMA Taruna Nusantara Magelang Students for the first class is using a SQ3R methode and pictures media. The result of this study indicates a significant improvement. The average score of students reading in the first cycle increases from 82 to 93 on the second cycle. The completeness percentage also increases from 57% to 100%. The reading skill improvement is also followed by better learning process, religous attitude, and social attitudes than before.
Article Details
References
Basrowi, H.M dan Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia.
Carlston, David. 2012. “Benefits of Student Generated Note Packets: A Preliminary Investigation of SQ3R Implementation†Midwestern State University. Volume 9 Number 12. Hal. 31.
Haryadi. 2010. Retorika Membaca: Model, Metode, dan Teknik. Semarang: Rumah Indonesia.
Kasson, Sarah C. 2012. “Which Study Method Works Best? A Comparison of SOAR and SQ3R for Text Learning†University of Nebraska. Volume 12 Number 1. Hal. 165.
Kosasih, Engkos. 2013. Cerdas Berbahasa Indonesia Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Maryanto dkk. 2013. Buku Guru Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Maryanto dkk. 2013. Buku Siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Nurhadi. 2005. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca? Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman, Arief. 1990. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: Rajawali.
Wulan, Ratna. 2010. “The Role Of Intelligence, Vocabulary Knowledge, Attitudes, and Interest on Children’s Reading Comprehension†Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran. Volume 14 Nomor 2. Hal. 166-185.
Metode Menulis Berantai pada Siswa Sekolah Menengah Atasâ€. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Volume 1 Nomor 1, April 2012, ISSN I2302-6405.
http://bastind.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2013/02/Tri-Wulandari. Diunduh pada Kamis, 16 Oktober 2014 pukul 18.02 WIB.