PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPRODUKSI TEKS ANEKDOT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING “PELAYANAN PUBLIK†PADA PESERTA DIDIK KELAS X MULTIMEDIA 3 SMK NEGERI 8 SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMK Negeri 8 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap pengetahuan memproduksi atau menulis teks anekdot, meningkatkan keterampilan peserta didik dalam proses pembelajaran memproduksi teks anekdot, dan mengubah perilaku yang mencakup sikap religius dan sikap sosial peserta didik menjadi lebih baik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Role Playing “pelayanan publikâ€. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Role Playing “pelayanan publik†dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam memproduksi atau menulis teks anekdot. Efektifitas penggunaan model pembelajaran Role Playing “pelayanan publik†ini diketahui dari peningkatan nilai rata-rata yang dicapai peserta didik dalam keterampilan memproduksi atau menulis teks anekdot. Nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 2,95 dengan kategori baik berpredikat B. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,32 atau 0,91% menjadi 3,27 dengan kategori baik berpredikat B+. Peningkatan tersebut juga diikuti perubahan sikap religius dan sikap sosial ke arah yang lebih baik selama proses pembelajaran. Respon peserta didik terhadap pembelajaran juga sangat baik.
This research is a class action research conducted in SMKN 8 Semarang. This study aims to determine the students understanding of the knowledge in producing or writing text anecdotes, improve the skills of learners in the learning process of producing text anecdotes, and change learners’ behaviors that include religious attitudes and social attitudes to become better. This research was conducted by using a model of role playing "public service". The results of this study indicate that the learning model Role Playing "public service" can be used to improve the skills of students in producing or writing text anecdotes. Effective use of Role Playing "public service" learning models is known from the increase in the average value achieved by learners in producing or writing skills anecdotal text. The average value of the class on the first cycle of 2.95 with both predicated category B. In the second cycle increased by 0.32 or 0.91% to 3.27 with both predicated B+ category. This increase is also followed by changes in better religious attitudes and social attitudes during the learning process. Learners’ responses towards learning is also very good.
Article Details
References
Subyantoro. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Negeri Semarang: UNNES PERSS.
Yunus Mohamad dan Suparno. 2008. “ Keterampilan Dasar Menulis “. Jakarta. Universitas Terbuka.