KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK DENGAN MODEL QUANTUM DAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA SMP

Main Article Content

Mahda Haidar Rahman
Ida Zulaeha

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui keefektifan pembelajaran menyusun teks cerita pendek secara tertulis dengan model quantum pada siswa kelas VII SMP, (2) mengetahui keefektifan pembelajaran menyusun teks cerita pendek secara tertulis dengan model Project Based Learning (PBL) pada siswa kelas VII SMP. (3) mengetahui perbedaan keefektifan antara pembelajaran menyusun teks cerita pendek secara tertulis menggunakan model quantum dengan model project based learning. Penelitian menggunakan desain quasi experimental dengan kelas PBL sebagai kelas kontrol dan kelas quantum sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menyusun teks cerita pendek secara tertulis pada kelas VII efektif dilakukan dengan model quantum dan PBL. Pembelajaran menyusun teks cerita pendek secara tertulis pada kelas VII menggunakan model quantum lebih efektif dibanding dengan menggunakan  model PBL.

 

This research aims to: (1) understand the effectiveness of learning to arrange short stories text written with the quantum model of class VII SMP, (2) understand the effectiveness of learning to arrange short stories text written project-based learning model (PBL) of class VII SMP. (3) know the difference between learning effectiveness arrange a short story text written using quantum model and project based learning model. The research used a quasi-experimental design with PBL class as the control class and quantum class as the experiment classs. The results showed that learning arrange a short story text written in class VII effectively with quantum models and PBL. Learning to arrange short stories text written in class VII quantum model is more effective than using PBL model.

 

Article Details

How to Cite
Rahman, M., & Zulaeha, I. (2015). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK DENGAN MODEL QUANTUM DAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v4i2.7390
Section
Articles

References

Buck Institute for Education. 2014. What is Project Based Learning?. http://bie.org/about/what_pbl. Diakses tanggal 5 Maret 2014.
DePorter, Bobbi. Hernacki, Mike. 1999. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Heuken, Adolf. 2008. Teknik Mengarang. Yogyakarta: Kanisius.
Kinoisan, Ari. 2007. Jadi Penulis Fiksi? Gampang Kok!. Yogyakarta: Andi Offset.

Kusmayadi, Ismail. 2010. Lebih Dekat dengan Cerpen. Jakarta: Trias Yoga Kreasindo.

Nursisto. 2000. Penuntun Mengarang. Jakarta: Grasindo.
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra Berdasarkan kurikulum Berbasis Kompetensi. SIC: Surabaya.

Wena. Made. 2013. Strategi pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tujuan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Zabadi, Fairul dkk. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Kemdikbud.