Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA Model Inkuiri Terbimbing Berefleksi pada Materi Konduktor dan Isolator Panas yang valid, efektif, dan praktis. Tahap penelitian meliputi tahap: pengembangan, validasi, uji coba skala terbatas, dan uji coba skala luas. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Silabus, RPP, Bahan Ajar, LKPD, dan PPHB. Hasil penelitian adalah: (1) setelah melalui proses validasi dan revisi diperoleh perangkat pembelajaran yang valid, (2) proses pembelajaran IPA model Inkuiri Terbimbing Berefleksi pada materi konduktor dan Isolator Panas efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Keefektifan ditandai dengan (a)  tercapainya ketuntasan belajar siswa dengan  nilai rerata 92,85% yang secara signifikan melebihi batas ketuntasan 75%; (b) rerata prestasi belajar kelas eksperimen sebesar 81,071 dan rerata  prestasi belajar kelas kontrol 72,24, secara signifikan ada perbedaan prestasi belajar antara kedua kelas tersebut. Peneliti menyarankan kepada guru IPA yang akan menggunakan pembelajaran model Inkuiri Terbimbing Berefleksi agar memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif bekerjasama, berinteraksi, membangun pengetahuannya sendiri, lebih peduli, bertanggungjawab.

 

Abstract

___________________________________________________________________

This research has goal such as to: generate the learning science Inquiry Guided Reflection Model to improve the skills and student learning results of the validity, effective, and  practice of conductor and insulator material heat learning’s. The study refers to the development with the phases define, design, and development. The learning’s device were developed are syllabus, lesson plans, Teaching Materials, LKPD, and PPHB. The results are: (1) The learning’s device is valid. (2) the process of learning science inquiry model of Guided Reflection on material Heat conductors and insulators effective. Effectiveness was characterized by (a) the achievement of mastery learning students with a mean value of 92.85% significantly exceeded the 75% completeness limit, (b) the average achievement of 81.071 experimental class and control class mean achievement 72.24, there are significant differences in achievement learning between the two classes. The researchers suggested that to the science teachers who will use Reflection Guided Inquiry Learning Model in order to give the students the opportunity to be active cooperate, interactive, build their own knowledges, more caring, responsible and fun.