Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang dapat memberi kesempatan siswa menemukan kembali konsep-konsep matematika yang dipelajarinya dan mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dapat memecahkan masalah sederhana sehari-hari,  mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan model konstruktivisme realistik  berbantuan CD pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model konstruktivisme realistik berbantuan CD pembelajaran materi operasi hitung kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat yang dikembangkan meliputi silabus, rencana pelaksanan pembelajaran, buku siswa, lembar kerja siswa, dan CD pembelajaran. Perangkat dikembangkan menggunakan model konstruktivisme realistik yang meliputi tahapan pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Validitas perangkat pembelajaran ditentukan berdasarkan penilaian ahli, kepraktisan ditentukan berdasarkan respon siswa dan guru pengamat, sedangkan uji efektivitas ditentukan melalui uji ketuntasan, uji pengaruh dan uji banding rata-rata. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan penyelesaian soal cerita matematika dilakukan analisis menggunakan rumus gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa perangkat yang dikembangkan valid, praktis dan efektif. Tercapai ketuntasan belajar pada siswa kelas eksperimen, terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita matematika, kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik dari kemampuan siswa kelas kontrol, terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada siswa.

 

Abstract

___________________________________________________________________

This study aims to generate the mathematics learning that can given students to rediscover the mathematical concepts and applied those concepts to solved  real life problems,   determine the mathematics learning used realistic constructivism  model assisted CD-learning can improved problem-solving abilities, and generating the mathematics learning used realistic constructivism model assisted CD-learning for grade IV in arithmetic operations material valid, practical, and effective. The learning devices was developed were syllabus, lesson plans, student books, worksheets, and CD-learning. The learning devices was developed using phases: defining, design, development, and dissemination. The validity of the learning devices is determined on expert judgment, practicality is determined on the response based of students and teachers observers, whereas effectiveness  conducted through the mastery test, influence test and test of differences of mean. To known the increasing of problem solving ability using the formula normalized gain. Based on the research result can be concluded that the learning devices was valid, practical and effective. Achieved mastery learning in   experiments classroom, there is an influence student learning activities for problem-solving abilities in solving of mathematics story problems, students problem-solving a