Ardianto, D. & Rubini, B. 2016. Comparison of Students’ Scientific Literacy in Integrated Science Learning Through Model of Guided Discovery and Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 5(1): 31-37.
Asyhuri, A, B., Marida, & Slamet, S. 2017. Pengaruh Penerapan Model Guided Discovery Learning Metode Concept Maps dan Mind Maps terhadap Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA. Proceeding Biology Education Conference 14(1): 301-304.
Dewi, A, A, S, K., DB. Kt. Ngr. S, P., & Ketut, A. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pengetahuan IPA pada Siswa Kelas IV SDN 8 Sumerta Tahun Ajaran 2015/2016. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD 4(1): 1-10.
Dwiprabowo, R. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Sikap Percaya Diri Siswa SD pada Model Pembelajaran Discovery Learning Berpendekatan Saintifik. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Istiana, N., Sarwi, & Masturi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Belajar Fisika Siswa SMP Kelas VIII. Unnes Physics Education Journal 5(1): 1-7.
Lutfi, A. 2013. Memotivasi Siswa Belajar Sains dengan Menerapkan Media Pembelajaran Komik Bilingual. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 20(2): 152-159.
Maduretno, T, W., Sarwanto, & Widha, S. 2016. Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Model Learning Cycle dan Discovery Learning Ditinjau dari Aktifitas dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar. JPEK 2(1): 1-11. http://ejournal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/JPFK
Mahbub, M., Z., Kirana, T. & Poedjiastuti, S. 2016. Development of Stad Cooperative with Animation Media to Enhance Student’s Learninig Outcome in MTS. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 5(2): 247-255.
Martini, I., Ely, R. & Saiful, R. 2016. Pengaruh Model Discovery Learning Gaya Belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) terhadap Pembelajaran Invertebrata di SMA. Unnes Journal of Biology Education 5(1): 55-64.
Nuswowati, M. & Taufik, M. 2017. Developing Creative Thinking Skills and Creative Attittud Through Problem Based Green Vision Chemistry Environment Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 4(2): 170-176.
Patandung, Y. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar IPA Siswa. Journal of Education Science and Technology 3(1): 9-17.
Probowening, P. R., Sopyan, A & Handayani. L. 2014. Pengembangan Strategi Pembelajaran Fisika Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal 3(1): 66-71.
Purnomo, 2017. Keefektifan Model Penemuan Terbimbing dan Cooperative Learning pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Kependidikan 41(1): 37-54.
Purwanto, C. E., Sunyoto, E. N., & Wiyanto. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery pada Materi Pemantulan Cahaya untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Unnes Physics Education Journal 1(1): 26-32.
Putri, R. H., Albertus, D, L., & Pramudya, D, A. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika 6(2): 173-180.
Rahma, A. D., Sulhadi, & Sri, S. S. 2016. Implementasi Pembelajaran Sains dengan Media Fotonovela untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD/M SD/MI. Journal of Primary Education 5(1): 1-9.
Rudyanto, H. E. 2014. Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Premiere Educandum 4(1): 41-48.
Rusman. 2012. Seri Manajemen Sekolah Bermutu: Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi Kedua. Bandung: Raja Grafindo Persada.
Sumiadi, R., Dwi, S, D, D., & Jamaluddin. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Model Guided Discovery dan Efektivitasnya terhadap Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA Negeri 1 Bayan. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 2(2): 1-9.
Suryawati, E. 2013. Implementasi Pembelajaran Kontekstual RANGKA untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Pemecahan Masalah, dan Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 20(2): 180-189.
Suyanto, Y, P., Hadi, S. & Suharto, L. 2012. Keefektifan Penggunaan Strategi Predict, Observe and Explain untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Unnes Physics Education Journal 1(1): 15-25.
Syah, M. 2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Widhiyantoro, T., Meti, I., & Riezky, M, P. 2011. The Effectiveness of Guided Discovery Method Application Toward Creative Thinking Skill at the Tenth Grade Students of SMA Negeri 1 Teras Boyolali in the Academic Year 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi 4(3): 89-99.
Wisudawati, A. K., & Eka, S. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara
Yuliani, M., Natalia, R, K., Santoso, S., & Dewi, K. 2017. The Discovery Learning Model and Bowling Campus Strategy for Improving the Cognitive Learning Resulth and Science Learning Motivation. Jurnal BIOEDUKASI 10(1): 23-32.
Yunianta, T. N. H., Ani, R., & Rochmad. 2012. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Implementasi Project Based Learning dengan Peer and Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research 1(2): 81-86.
Yusuf, M. & Ana, R, W. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Tipe Share dan Webbed untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan KPS Siswa. EDUSAINS 8(1): 48-56. http://journal.uinjkt.ac.id/index./php/edusains