Apriyani, L., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Penerapan model pbl untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan akademik siswa pada materi biologi. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 9(1), 41-54. Retrieved from
https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/509
Aqib, Z. (2013). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Fadliana, H. N., Redjeki, T., & Nurhayati, N. D. (2013). Studi komparasi penggunaan metode pbl (problem based learning) dengan macromedia flash dan lks (lembar kerja siswa) terhadap prestasi belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa materi asam, basa dan garam kelas vii smp negeri 1 jaten karanganyar. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3), 15-27. Retrieved from
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/2638
Fatchurrohmah, A., Sarwi, & Utsman. (2017). Pengaruh problem based learning melalui demonstrasi dan diskusi terhadap kemampuan verbal. Journal of Primary Education, 6(2), 140-146. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/17567
Fatimah, F. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah melalui problem based-learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249-259. Retrieved from
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/1116
Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas v. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-10. Retrieved from
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2058
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem based learning: what and how do students learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235-266. Retrieved from
https://link.springer.com/article/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3
Indarwati, D., Wahyudi, & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Penerapan Problem Based Learning untuk Siswa Kelas V SD. Satya Widya, 30(1), 17-27. Retrieved from
http://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/107
Ismawati, A., Mulyono, M., & Hindarto, N. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematika dalam problem based learning dengan strategi scaffolding ditinjau dari adversity quotient. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 48-58. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/17239
Lintang, A., Masrukan, & Wardani, S. (2017). Pbl dengan apm untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap percaya diri. Journal of Primary Education, 6(1), 27-34. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/14510
Liyandari. (2013). Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang pecahan siswa kelas iv sd. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 4(1), 1-6. Retrieved from
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/2043
Mawaddah, S. & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakag) di smpn model pembelajaran generatif (generative learning) di smp. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166-175. Retrieved from
https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/644
Mustaffa, N., Ismail., Z, Tasir., Z, & Said, M. N. H. M. (2016). The impacts of implementing problem-based learning (pbl) in mathematics: a review of literature. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 4(12), 490-503. Retrieved from
http://hrmars.com/index.php/journals/papers/IJARBSS/v6-i12/2513
Nugroho, I. A., Chotim, M., & Dwijanto. (2013). Keefektifan pendekatan problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1), 50-51. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/3319
Padmavathy, R. D., & Mareesh, K. (2013). Effectiveness of problem based learning in mathematics. International Multidisciplinary e-Journal, 3(2), 56-78. Retrieved from
https://pdfs.semanticscholar.org/1d75/16276032eef76476b1198b63587898864fdd.pdf
Permendikbud No. 65 of 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Saleh, M. (2013). Strategi pembelajaran fiqh dengan problem-based learning. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 14(1), 190-220. Retrieved from
http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/497
Setiyadi, D., Zaenuri, & Mulyono. (2018). The problem based learning model with etnomatematics nuance by using traditional games to improve problem solving ability. Journal of Primary Education, 7(2), 176-186. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/23526
Simanjuntak, L., Manurung, P., & Matutina, D. C. (1993). Metode mengajar matematika (Jilid I). Jakarta: Rineka Cipta.
Suherman, E., Turmudi, Suryadi, D., Herman, T., Suhendra, Prabawanto, S., Nurjanah & Rohayati, A. (2001). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: JICA.
Susilo, A. B. (2012). Pengembangan model pembelajaran ipa berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa smp. Journal of Primary Education, 1(1), 58-63. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/58
Wachrodin. (2017). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan siswa melalui model problem based learning (pbl) dengan penugasan berstruktur. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(1), 85-94. Retrieved from
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/10920