Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran model tematik kontekstual terhadap aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam proses pembelajaran serta mengetahui kepekaan siswa terhadap lingkungan. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Karaban 04, selama dua bulan. Penelitian ini menggunakan observasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Hasil penelitian ini adalah : Pertama, efektivitas pembelajaran model tematik kontekstual dengan persentase hasil sebesar 93.135%. model tematik kontekstual ini didukung oleh perangkat pembelajaran model tematik kontekstual dengan nilai validasi sebesar 92,95%. Kedua, aktivitas siswa lebih dominan dengan persentase amatan sebesar 86,875%. Ketiga, aktivitas guru lebih banyak pada kegiatan pembimbingan dengan persentase amatan sebesar 87,5 %. Keempat, kepekaan siswa terhadap lingkungan meningkat, dengan persentase hasil amatan sebesar 91,25%. Kesimpulan hasil penelitian adalah semakin baik pengelolaan pembelajaran model tematik kontekstual, semakin meningkat kepekaan siswa terhadap lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan para guru kelas awal agar mengelola pembelajaran dengan memperhatikan karakteristik siswa kelas awal. Pembelajaran tematik diharapkan menggunakan sumber belajar yang kontekstual, agar meningkatkan kepekaan siswa terhadap lingkungan.

 

The purpose if this study is to know the effectiveness of contextual thematic teaching model to the student’s and teacher’s activity in the learning process and also to know the student environmental awareness. The research was conducted at SD Negeri Karaban 04 for two months. This study employs observation as a medium to collect the data. The result of this study namely; (1) The percentage score of effectiveness of contextual thematic teaching model is 93.135%. This is supported by the 92.95% validation score of contextual thematic teaching model learning instrument. (2) The percentage of the dominant students’ activity is 86.875%. (3) The percentage of the teacher guidance is 87.5%. (4) The percentage of students’ environmental awareness is increase to the 91.25%. I conclude that the better organization of contextual thematic teaching model will improve the students’ environmental awareness. I suggest that early class teacher organize the teaching considering early class student’s characteristic. I hope thematic teaching employs contextual learning resource to improve the students’ environmental awareness.