Abstract

Penelitiaan ini dilakukan berdasarkan permasalahan kompetensi pedagogik guru penjasorkes SMK terhadap kualitas proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kontribusi disiplin kerja, supervisi akademik dan partisipasi guru dalam MGMP terhadap kompetensi pedagogik guru penjasorkes SMK di Kabupaten Jepara. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental, dimana peneliti mengkaji fakta-fakta yang telah terjadi (ex post facto). Metode yang digunakan adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMK yang ada di Kabupaten Jepara. Sampel penelitian didasarkan pada teknik pengambilan sampel purposive pada pertimbangan Guru Penjasorkes SMK di Kabupaten Jepara yang berpartisipasi dalam MGMP digunakan sebagai sampel yaitu 28 orang guru penjasorkes dan 13 kepala sekolah. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa besarnya kompetensi pedagogik yang dipengaruhi oleh disiplin kerja, supervisi akademik dan partisipasi dalam MGMP sebesar 92,9%. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat ditarik kesimpulan yaitu Terdapat kontribusi positif antara disiplin kerja, supervisi akademik dan partisipasi musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) terhadap kompetensi pedagogik guru Penjasorkes SMK di Kabupaten Jepara yaitu sebesar 92,9%. Saran (1) Kepala sekolah harus melaksanakan supervisi akademik secara kontinyu dengan penuh komitmen dan tanggungjawab. (2) Kepada guru, hendaknya dapat mengembangkan dan meningkatkan motivasi kerja dalam kegiatan pembelajaran.

This research is conducted based on the problems of penjasorkes vocational teacher’s pedagogical competence to the quality of learning process. The purpose of this study is to analyze the contribution of work discipline, academic supervision and participation of teachers in the MGMP to penjasorkes vocational teacher’s pedagogical competence in Jepara regency. This research used quantitative non experimental approach. The research sample is based on a purposive sampling. The sample of this research is 28 physical education teachers and 13 principals. Regression analysis shows that the magnitude of pedagogical competence wich is influenced by work discipline, academic supervision and participation in MGMP is 92.9%. Based on the analyzing and discussion it can be concluded that there is a positive contribution to the discipline of work, academic supervision and participation of subject teachers forum towards pedagogical competence of physical education teacher of vocational high schools in Jepara regency the positive contribution is 92,9%. The author gives some suggestions to the related parties as follows (1) principals should conduct academic supervision continuously with full of commitment and responsibility. (2) for the teacher, should develop and enhance work motivation in learning activities.