Abstract

Penelitian ini menghasilkan produk permainan bintang gedalo merupakan permainan dalam pembelaajaran atletik dengan menggunakan alat berupa gambar bintang, topi kerucut dan gambar segitiga yang dimodifikasi melalui gerak dasar lokomotor dengan berjalan di atas garis lurus , lari zig-zag dan melompati rintangan , untuk meningkatkan variasi dalam pembelajaran atletik  dan digunakan 1) sebagai alternatif pembelajaran atletik 2) untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran atletik 3) keterterimaan permainan bintang gedalo. Manfaat penelitian ini adalah untuk menumbuhkan antusias dan keaktifan siswa dalam pembelajaran atletik. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D dengan pengembangan produk berupa permainan bintang gedalo untuk kelas IV dilakukan dengan 6 tahapan. Teknik pengumpulan data tes,observasi, dan perhitungan denyut nadi teknik analisis persentase.subjek penelitian siswa SD Negeri 127,128 dan 140 kelas IV. Hasil dari penelitian ini berupa produk permainan bintang gedalo yang dapat digunakan dalam pembelajaran atletik, data respon siswa sebagai penguat penilaian dengan indikator kognitif dan afektif masuk dalam kategori tinggi dan aspek psikomotorik kategori sedang. Kenaikan denyut nadi 61.21% dan 80% guru menilai baik. Kesimpulan pengembangan permainan bintang gedalo dapat digunakan dalam pembelajaran untuk mengefektifkan pembelajaran atletik.

 

This research produces a stellar game gedalo a game in pembelaajaran athletics by using a form of picture star, conical hat and drawing triangles are modified through the basic motion locomotor walking on a straight line, running zig-zag and jump over obstacles, to increase variation in learning athletics and used 1) as an alternative to teaching athletics 2) to improve the effectiveness of learning athletic 3) acceptability gedalo star game. The benefits of this research is to foster enthusiasm and activeness of students in athletics. This study uses the approach of R & D with product development in the form of a stellar game for the class IV gedalo done with 6 stages. Test data collection techniques, observation, and calculation of pulse analysis techniques persentase.subjek 127.128 Elementary School students study and 140 class IV. Results of this research is a product gedalo star game that can be used in teaching athletics, student response data as reinforcement assessment with cognitive and affective indicators in the high category and psychomotor aspects of the medium category. The increase in the pulse rate 61.21% and 80% of teachers assess good. Conclusion gedalo star game development can be used in learning for learning effecting athletics.