Pengaruh Gaya Hidup terhadap Citra Merek Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga di Kudus Tahun 2018

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Gina Nur Aini
Hadi Hadi

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk: 1)Mengetahui pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian. 2) Mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian. Populasi dan sampel penelitian ini adalah atlet bola voli yang ada dibeberapa klub kota Kudus tahun 2018 berjumalah 100 atlet. Instrument penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian: 1) Ada hubungan yang signifikan antara variabel gaya hidup (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) ditunjukan baik dari hasil uji t hitung lebih besar dari t tabel (6,432 dan sig = 0,000 = 0,0% < 5%. 2) Hubungan yang signifikan antara variabel citra merek terhadap keputusan pembelian ditunjukan baik dari hasil uji t hitung lebih besar dari t tabel (6,18>2,101) atau signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan gaya hidup terhadap citra merek keputusan pembelian sepatu olahraga. Saran dalam penelitian ini mengingatkan untuk selalu selektif dalam pengambilan keputusan pembelian suatu produk.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Andriani, Ciko. 2016. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bata. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rienika Cipta.
Assael, H. 1992. Consumen Behavior & Marketing Action, Fourth Edision. Kent Publising Company: New York.
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penelitian Universitas Diponegoro.
Bilson, Simamora. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia pustaka Umum.
Muhammad Yusuf, Farhan. 20015. Analisis Pengaruh Citra Merek, Desain Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike. Semarang: Universitas Diponegoro.
FIK UNNES 2014. Buku Panduan Penulisan Skripsi FIK UNNES. Semarang : FIK UNNES.
Imam, Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Peneliti Universitas Diponegoro.
Imam. Ghozali. 2012. Aplikasi Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
J. Setiadi, Nugraha. SE, MM. 2003. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian. Jakarta: Kencana.
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Prentice Hall.
Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Siskasari, Dwi Januari. 2016. Pengaruh Citra Merek (Brand Image), Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Jaya Bakery. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
Tatik, Suryani. 2008. Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ujang, Sumarwan. 2004. Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran). Bogor: Ghalia Indonesia
Yohanes Sondang Sondang kunto dan Peter Remy Pasla. Segmentasi Gaya pada Mahasiswa Program Studi Pemasaran Universitas Kristen Petra. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.1 (1) April 2006, h.15