Pengaruh Media Pembelajaran Go-Pong untuk Meningkatkan Psikomotor Siswa pada Pembelajaran Tenis Meja di SMP N 1 Juwana

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hanif Putra Pamungkas

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya ranah psikomotorik siswa pada pembelajaran tenis meja backhand dan forehand pada siswa kelas VIII SMP N 1 Juwana, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat psikomotorik siswa pembelajaran tenis meja backhand dan forehand pada siswa kelas VIII SMP N 1 Juwana melalui aplikasi Go-Pong. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode  eksperimen, desain penelitiannya quasi-experimental design. Populasi siswa-siswi kelas VIII SMP N 1 Juwana berjumlah 296 siswa, dan dilakukan sampling purposive untuk mencari sampel. Kelas VIII A dan VIII C berjumlah 59 digunakan dalam penelitian dengan pertimbangan tertentu, penelitian ini tentang tingkat psikomotorik siswa terhadap pembelajaran tenis meja. Hasil dari uji normalitas backhan dari kelas kontrol dan eksperimen terbukti berdistri normal, sedang untuk hasil uji normalitas forhand dari kelas kontrol serta kelas eksperimen terbukti berdistri normal. Selain uji normalitas ada juga uji homogenitas dari kelas kontrol dan kelas eksperimen mempunyai varian yang sama (homogen). Uji homogenitas forhand dari kedua kelas tersebut mempunyai varian yang sama(homogen). Ada pengaruh penggunaan media Go-Pong dalam penelitian untuk meningkat psikomotorik siswa dalam pembelajaran tenis meja sebesar 88% untuk backhand dan 74% untuk forehand. Saran untuk siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran disekolah dan dianjurkan belajar lebih dalam  lagi mengenai tenis meja. Saran untuk sekolahan menyediakan sarana dan prasarana olahraga, sehingga dapat meningkatkan psikomotorik siswa dengan kemajuan teknologi.


Kata Kunci: Media, Psikomotorik, Go-Pong, Tenis Meja.


 


ABSTRACT


This research was motivated by the students' low psychomotor domains in backhand and forehand table tennis learning in eighth grade students of SMP N 1 Juwana, the purpose of this study was to study the psychomotor students learning backhand and forehand table tennis in class VIII SMP N 1 Juwana. Go-Pong application. This type of research uses quantitative research methods, the research design is quasi-experimental design. The population of grade VIII students of SMP N 1 Juwana took 296 students, and a purposive sampling was taken to look for samples. Class VIII A and VIII Centuan 59 are used in research with certain considerations, this research is about the psychomotor level of students towards learning table tennis. The results of the backhan normality test from the control class and experiment were proven to have normal wives, while for the forhand normality test results from the control class and the experimental class proved to have normal wives. In addition to the normality test there is also a homogeneity test from the control class and the experimental class has the same variant (homogeneous). Homogeneity test of the second class has the same variant (homogeneous). There is an influence of the use of Go-Pong media in research to increase psychomotor students in learning table tennis by 88% for backhand and 74% for forehand. Suggestions for students who actively participate in school learning and learn more about table tennis. Suggestions for schools to provide sports facilities and infrastructure, so as to improve students' psychomotor with technological advancements.


Keywords: Media, Psychomotor, Go-Pong, Table Tennis.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

DAFTAR PUSTAKA
Darmawan, D. (2012). “Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Kertamanah, Alex. 2006.Teknik Dan Taktik Permainan Tenis Meja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Larry Hodges. (2007). “Tenis Meja Tingkat Pemula”. Jakarta: Raja Gravindo Persada.
Miarso, Yusuf hadi, “Menyemai Benih Teknologi Pendidikan”, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2004..
Samsudin:2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta : Prenada Media Group.
Sugiyono,2017. Metode penelitian bisnis (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono,2018. Metode penelitian bisnis (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2015. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D.Bandung: Alfabeta