The Effectiveness of Problem Based Learning Model Learning Outcomes of Basketball Learning Through Audio Visual Media in Class I Ips 1 Sma N 2 Kendal Students
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar bola basket melalui media audio visual pada siswa kelas X1 IPS 1 SMA N 2 Kendal. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, populasi dan sampel sejumlah 36 siswa. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran PBL, media pembelajaran audio visual, dan hasil belajar. Hasil uji independent sample t test memperoleh nilai signifikansi 0,000 atau < 0,05, yang berarti ada perbedaan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil statistik deskriptif diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL adalah 83,89, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional adalah 76,28. Hal tersebut menunjukkan ada peningkatan hasil belajar bola basket melalui media audio visual pada siswa kelas XI IPS 1 SMA N 2 Kendal. Simpulan model pembelajaran PBL efektif terhadap hasil belajar bola basket melalui media audio visual.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Amir, Muhammad, Taufiq. (2015). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada media grup.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Ashar. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Darwanto. (2007). Televisi sebagai Media Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Djamarah, Syaiful bahri. Azwan, Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Isjoni. (2014). Cooperatif Leraning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Kosasih, Danny. (2008). Fundamental Basketball. Semarang: CV Elvas Offset.
Kunandar. (2014). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Kurniawan, Adjie. (2018). Pengembangan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 7 Purworejo. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Munadi, Yudhi (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.
Ningsih, Erwinta, Ratna. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Statistika. Skripsi. Kediri: Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia.
Nurkholif, Emi. (2016). Efektivitas Penerapan Metode Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Pembelajaran Di SMK N 1 Pondong. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Permendikud. (2015). Model-Model Pembelajaran Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jendral Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Pridani, Inten. (2017). Meningkatkan Keterampilan Lay Up Permainan Basket Dengan Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Divisions (STAD) Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani. No 1. ISSN 2477-3311.
Ridwan, Abdullah, Sani. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Rosmalasari, Santi. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa. Skripsi. Bandung: Universitas Pasundan.
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran Menggembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran Prolem Based Learning. Bogor : Ghalia Indonesia.
anaky, AH. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukuba Dipantara.
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenadamedia Grup.
Sudjana, Nana., Rivai, Ahmad. (2010). Dasar – Dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta CV
Suprijono, Agus. (2011). Model-Model Pemelajaran. Jakarta: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Sutikno, dan Fathurrohman. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Usman, Husaini, Akbar Setiady. (2000). Pengantar Statistika. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Widiyanto, Joko. (2010). SPSS For Windows Untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: BP-FKIP UMS
Undang-Undang No. 20. Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang No. 3. Tahun 2005. Tentang Sistem Keolahragaan Nasional