Pengaruh Latihan Plyometric Dan Panjang Tungkai Terhadap Smash Ukm Bolavoli Universitas Tadulako

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Abu Bakar
Nasuka Nasuka
Imam Sabtosa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Perbedaan metode latihan single tuck jump dan rim jump terhadap peningkatan hasil smash bola voli pada UKM bola voli Universitas Tadulako Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Eksperimen Hasil penelitian ini: (1) latihan single tuck jump memilki hasil rata-rata sebesar 26,626, sedangkan metode latihan rim jump memiliki hasil rata-rata sebesar 24,839 terhadap peningkatan hasil smash bola voli. (2) Atlet yang memiliki tungkai panjang memiliki hasil rata-rata sebesar 25,556, sedangkan atlet yang memiliki tungkai pendek memiliki hasil rata-rata sebesar 24,909 dalam peningkatan hasil smash bola voli. (3) Terdapat interaksi antara latihan single tuck jump dan rim jump dan panjang tungkai terhadap hasil smash bola voli. Kelompok dengan menggunakan latihan single tuck jump mengalami rata-rata peningkatan hasil smash bola voli sebesar 25,793, untuk atlet yang memiliki tungkai panjang dan 25,319, untuk atlet yang memiliki tungkai pendek. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan latihan plyometrics single tuck jump dengan rimp jump.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Ambarukmi. D.H., Pasurney.Pasurney. P., Zidik. D.S., Irianto.D.P., Dewanti. R.A., Sunyoto., Sulistiyanto.D., Harahap.M.Y. 2007. Pelatihan Pelatih Fisik Level 1.Jakarta: Kemenegpora.

Chu, Donal A. 2000. Jumping Into Plyometrics.California : Leisure Press.

Chu, Donal.A., dan D. Myer, G. 2013.Plyometrics. United States: Human Kinetics

Furqon H, M dan Muchsin Doewes. 2002. Pliometrik: Untuk Meningkatkan Power. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Riggs, MP., dan Sheppard JM. 2009. The Relative Importance Of Strength And Power Qualities To Vertical Jump Height Of Elite Beach Volleyball Players During The Counter-Movement And Squat Jump. Jurnal of Human Sport Exercise,4(3):221-236

Roesdiyanto dan Budiwanto. 2008. Dasar-dasar Kepelatihan Olahraga. Malang : Laboratorium Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Sahabuddin.2012. Pengaruh Latihan Box Jump Dan Latihan Half Squat Jump
Terhadap Kemampuan Smash Bolavoli.Competitor, 4(3):158-166

Sari, D.R.K., dan Rahayu,U.B. 2008. Pengaruh Latihan Plyometrics Depth Jump TerhadapPeningkatan Vertical Jump Pada Atlit Bola Voli PutriYunior Di Klub Vita Surakarta.Jurnal Fisioterapi Indonusa, 8( 2): 145-149

Suhardi dan Sujarwo. 2009. Volley Ball for All. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukadiyanto dan Muluk, 2011.Pengantar Teori Dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung:CV. Lubuk Agung.

Widiastuti. 2015. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada