Pengaruh Latihan Media Audio Visual dan Langsung terhadap Penguasaan Gerak Pencak Silat Kategori Tunggal

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fauzi Firdaus
Iyakrus Iyakrus
Wahyu Indra Bayu
Soleh Solahuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan latihan media audio visual dan langsung terhadap penguasaan gerak pencak silat kategori tunggal di klub Persinas ASAD Kecamatan Talang Ubi. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi dengan desain “two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet pemula klub Persinas ASAD kecamatan Talang Ubi yang berjumlah 30 orang dengan teknik pengambilan sempel menggunakan total sampling. Pengumpulan data dan instrumen penelitian yakni tes awal dan tes akhir dengan menggunakan from penilaian juri pencak silat kategori tunggal. Analisi data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha: (1) ada pengaruh latihan media audio visual terhadap penguasaan gerak pencak silat kategori tunggal pada atlet pemula klub Persinas ASAD Kecamatan Talang Ubi, (2) ada pengaruh latihan langsung terhadap penguasaan gerak pencak silat kategori tunggal pada atlet pemula klub Persinas ASAD Kecamatan Talang Ubi, (3) ada perbedaan latihan media audio visual dan langsung terhadap penguasaan gerak pencak silat kategori tunggal pada atlet pemula klub Persinas ASAD Kecamatan Talang Ubi. Media audio visual dapat digunakan sebagai acuan/bahan materi diluar jam latihan, oleh karena itu disarankan kepada pelatih dan atlet pemula agar dapat menggunakan media audio visual sebagai bentuk variasi dan jam tambahan latihan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Al Muttaqin, M. R., & Wahyudi, A. R. (2018). Analisis Kondisi Fisik Atlet Pencak Silat Kategori Tunggal Ganda Regu Putra Puslatcab Pencak Organisasi Tuban. Jurnal Prestasi Olahraga, 1(4). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/25982
Aminah, S., Flora, R., & Bayu, W. I. (2021). Pengembangan Video Animasi Gesture sebagai Media Pelatihan Perwasitan Karate. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 361–369. Doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.4925739
Anggela, T. S., & Damayanti, I. (2016). Perbandingan Penggunaan Kalori Atlet Pencak Silat Kategori Seni Tunggal Dengan Seni Regu Baku Tingkat Remaja Puteri Rd Fighting Klub Subang. JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan), 1(2), 44–52. DOI: https://doi.org/10.17509/jtikor.v1i2.2654
Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran; Edisi revisi.
Asyari, N. (2015). PENGARUH AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL GERAK PENCAK SILAT SENI TUNGGAL STUDI PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMAN 1 GAYAM KABUPATEN SUMENEP. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/13906.
Bafirman, B., & Wahyuri, A. S. (2019). Pembentukan Kondisi Fisik.
Bayu, H. M. P. C., & Budiwanto, S. (2019). Pengembangan variasi latihan bodyweight training untuk melatih kekuatan otot perut pada atlet pencak silat. Indonesia Performance Journal, 3(1), 45–53. http://journal2.um.ac.id/index.php/jko/article/view/10085
Dapira, M., Agustan, B., & Muhtarom, D. (2020). PENERAPAN LATIHAN BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN PENCAK SILAT TUNGGAL GOLOK. Journal of Physical Education and Sport Science, 2(2), 6–10. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jpess/article/view/1278
Diana, F., Sukendro, S., & Oktadinata, A. (2020). PANDUAN PENCAK SILAT Seni Tunggal. Salim Media Indonesia.
Eka, P. N. (2021). PENGEMBANGAN CERITA RAKYAT BERBASIS BUDAYA LOKAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL ANIMASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA LAMPUNG. UIN Raden Intan Lampung.
Faizah, N., Handayani, H. Y., & Hidayatullah, F. (2022). SURVEI KONDISI FISIK PADA SISWA USIA 15-17 TAHUN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT PAGAR NUSA DISAAT PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2). DOI http://dx.doi.org/10.36312/jime.v8i2.3127
Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
Hartati, H., Destriana, D., & Junior, M. (2019). Latihan Dot Drill One Foot Terhadap Kelincahan Tendangan Sabit Dalam Ekstrakurikuler Pencak Silat. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 8(1). DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v8i1.8486
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan eksperimen-kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–203. DOI: 10.22146/buletinpsikologi.38619
Irawadi, H. (2019). Penggunaan Media Audio Visual Berpengaruh Terhadap Penguasaan Jurus Tunggal Pencak Silat. Jurnal Patriot, 1(2), 725–734. DOI: https://doi.org/10.24036/patriot.v1i2.445
Junaedi, M., & Bawono, M. N. (2022). SURVEI TINGKAT PENGALIHAN KEJENUHAN (BURNOUT) LATIHAN PADA ATLET PENCAK SILAT PUSLATCAB KABUPATEN PASURUAN PORPROV 2022. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(02), 145–156. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/45900/38835
Kriswanto, E. S. (2015). Pencak silat. Pustaka Baru Press.
Kuswanto, C. W. (2016). Penyusunan tes fisik atlet pencak silat dewasa kategori tanding. Jurnal Keolahragaan, 4(2), 145–154. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v4i2.6423
Panjaitan, D. J. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran langsung. Jurnal Mathematic Paedagogic, 1(1), 83–90. http://jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/view/158
Pritandhari, M. P. (2017). Implementasi model pembelajaran direct instruction untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 5(1). https://www.ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/845.
RIZQI, N. W. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIOVISUAL POWTOON MATERI PYTHAGORAS UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTs.
Sinambela, H. D. B. (2021). RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN PENCAK SILAT PANGEAN BERBASIS ANDROID. JURNAL PERENCANAAN, SAINS DAN TEKNOLOGI (JUPERSATEK), 4(1), 827–834. http://ejournal.uniks.ac.id/index.php/JUPERSATEK/article/view/1604.
Sudiana, I. K., & Sepyanawati, N. L. P. (2017). Keterampilan dasar pencak silat. Rajawali Pers.
Triprayogo, R., Sutapa, P., Festiawan, R., Anugrah, S. M., & Iwandana, D. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Jurus Tunggal Pencak Silat Berbasis Android. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(2), 1–8. http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/view/17511.
Wardoyo, H., Sujiono, B., & Apriyanto, T. (2020). PELATIHAN METODE LATIHAN PENCAK USIA DINI DAN PRA REMAJA BAGI PELATIH EKSTRA KURIKULER PENCAK SILAT KABUPATEN BOGOR. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, SNPPM2020P-106. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/19749
Wati, E. R. (2019). Ragam media pembelajaran.