PENGGUNAAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR APRESIASI MUSIK NUSANTARA PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 7 PEMALANG

Main Article Content

Anggoro Hamdan Saputro

Abstract

Abstrak

Mempelajarimateri apresiasi musik menjadi kegiatan yang menjenuhkanbagi siswa. Oleh karena itu, guru harus menggunakan pendekatan atau metode yang tepat dalam menyampaikan materi yang diajarkan kepada siswa. Permasalahan penelitian ini, apakah pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran apresiasi musik nusantara di kelas VIII B SMP Negeri 7 Pemalang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis pendekatan SAVI dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran apresiasi musik nusantara pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Pemalang. Manfaat teoritis penelitian ini dapat dijadikan bahan kajian untuk mengembangkan karya ilmiah selanjutnya dan manfaat praktisnya dapat berguna bagi kemajuan pembelajaran apresiasi di SMP N 7 Pemalang.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Penelitian Tindakan Kelas” (classroom action research). Pengambilan data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II. Kegiatan penelitian dimulai dari: perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observation), dan refleksi (reflection). Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.

Abstract

Learning music appreciation materials become a saturated activity for students. Therefore, the teacher should be using appropriate methods and approach in presenting materials to the students. Problem statements of this research study; does using of SAVI Approach can increase activities and Learning result of Indonesian archipelago music in Students Grade VIII B of SMP Negeri 7 Pemalang?

The purpose of this research study is to know, describe and analyze SAVI approach in increasing activities and learning result of Indonesian archipelago music appreciation in Students Grade VIII B of SMP Negeri 7 Pemalang. Theoretical benefits of this research study could be as a references to develop the next research. Then, the practical benefits is really useful for advancement of learning appreciation in SMP N 7 Pemalang.

The approach of this study is “Penelitian Tindakan Kelas” (Classroom Research Activity). The data collecting are done by some cycle steps; pre – cycle, 1st cycle, and 2nd cycle. It begins by; Planning, Action, Observation, and Reflection. The data collecting are done by observation, interview, and documentation.

Article Details

How to Cite
Saputro, A. (2013). PENGGUNAAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR APRESIASI MUSIK NUSANTARA PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 7 PEMALANG. Jurnal Seni Musik, 2(1). https://doi.org/10.15294/jsm.v2i1.2383
Section
Articles

References

Arief, dasril. 1990. Pendidikan seni musik buku guru sekolah menengah atas. Jakarta: departemen pendidikan dan kebudayaan.

Arikunto, suharsimi. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: pt rineka cipta.
Asmani, jamal ma’mur. 2011. Tuntunan lengkap metodologi praktis penelitian pendidikan. Jogjakarta: diva press.
Bastomi, suwaji. 1989.wawasan seni. Semarang: ikip semarang.
Darsono, max, dkk. 2000. Belajar dan pembelajaran. Semarang: cv ikip semarang press.
Depdikbud. 1990. Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta: balai pustaka.
Deporter, bobbi. 2005. Quantum teaching: mempraktikkan quantum learning di ruang kelas. Bandung: kaifa.
Hamalik, oemar. 1985. Media pendidikan. Bandung: alumni.
Jazuli, m. 2008. Diktat teori kebudayaan. Semarang: jurusan sendratasik fbs unnes.
Kusumah wijaya dan dedi dwitagama. 2010. Mengenal tindakan kelas. Jakarta: pt. Indeks.
Meier, dave.2005.the accelerated learning handbook.bandung: pt mizan pustaka.
Mgmp seni budaya smp. 2009. Estetika, seni budaya untuk smp/mts kelas vii. Surakarta: cv. Surya badra.
Nugroho, van afian (2010). Skripsi pemanfaatan siaran musik di televisi sebagai media alternatif pembelajaran apresiasi musik. Semarang: univesritas negeri semarang.
Purnomo, wahyu dkk. 2010. Terampil bermusik. Surakarta: cv. Putra nugraha.
Setiawati, rahmida dkk. 2007. Seni budaya 1.bogor: yudhistira.
Sudaryo, s. 1994. Strategi belajar mengajar 1. Semarang: ikip semarang press.
Sumiati, asra 2009. Metode pembelajaran. Bandung: cv. Wacana prima.
Trianto. 2011. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: kencana prenada media group.

Wadiyo. 1991. Musik pop indonesia dan kemungkinan penggemarnya dalam pendidikan seni musik di sekolah dalam media (no.1 thn. Xvii april) fpbs unnes.
http://goez17.wordpress.com/2011/11/23/pendekatan-savi/
( akses 25/2/13. Pkl 09.00 wib)
http://mbahnur.wordpress.com/2010/02/17/pendekatan-savi/
(akses 24/2/13. Pkl 21.00.wib)
http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2241185-pengertian-aktivitas-belajar/#ixzz2lnume4vl
(akses 27/2/13. Pkl 10.10 wib)
Http://yunacahnjati.blogspot .com/2008/12/ pengertian-musik.html
( akses 27/2/13. Pkl. 10.25 wib)