MODEL BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAY BERBASIS PENDEKATAN BCCT UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA PAUD
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) Menganalisis gambaran umum pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dan Kondisi kecerdasan interpersonal siswa PAUD Percontohan di Kabupaten Kudus; (2) Menghasilkan pengembangan model layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play berbasis pendekatan BCCT untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa PAUD Percontohan di Kabupaten Kudus; dan (3) Mengetahui tingkat keefektifan model pengembangan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play berbasis pendekatan BCCT untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa PAUD Percontohan di Kabupaten Kudus. Metode penelitian ini adalah Reseach and Development dengan prosedur pengembangan yang meliputi 3 tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap penyusunan produk pengembangan dan tahap uji keefektifan produk pengembangan. Berdasarkan hasil uji coba keefektifan pada kelompok terbatas, tingkat kecerdasan interpersonal siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan dengan perubahan tingkat kecerdasan interpersonal siswa pada saat pre test dan post test, yang mengalami peningkatan kecerdasan interpersonal anak sebesar 47,82%.
The purposes of this study were: (1) to analyze the implementation of the general picture of group guidance services and condition of students' interpersonal intelligence Early Childhood Education Pilot in Kudus; (2) to generate a model of group guidance services with role play technique based on BCCT approach to improve students' interpersonal intelligence in Early Childhood Education Pilot in Kudus; and (3) to determine the effectiveness of the development model of group guidance services with role play technique based BCCT approach to improve students' interpersonal intelligence in Early Childhood Education Pilot in Kudus. Methods of this study was Reseach and Development which was implemented within three phases: planning phase, preparation stage of product depvelopment, and test phase of product development effectiveness. The results of present study showed that the levels of students’ interpersonal intelligence increased for 47,82% between pre-test and post-test.