PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KARIR TERINTEGRASI DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN KARIR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan model bimbingan karir terintegrasi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang efektif untuk meningkatkan kesadaran karir siswa kelas IV SD. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Ar-Rahman Kertosono, Ngajuk Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode research and development yang terdiri atas lima tahapan: (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap pengembangan produk, (3) tahap validasi produk, (4) tahap uji empirik dan (5) revisi produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bimbingan karir terintegrasi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kesadaran karir siswa secara sangat signifikan (t (25) = 14,569, p < 0,01). Dengan demikian, model bimbingan karir terintegrasi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia terbukti efektif untuk meningkatkan kesadaran karir siswa kelas IV SD.
The purpose of this study was to produce a model of integrated career guidance into subject matter of Bahasa Indonesia to improve elementary school students’ career awareness. The research and development design was applied in present study in five phases: (1) preliminary studies, (2) model development,(3) product validation, (4)empirical testing and (5) final product revision. The result showed that the model of integrated career guidance into subject matter of Bahasa Indonesia significantly increase students’ career awareness (t (25) = 14,569, p < 0,01). As conclusion, this study success to verify the the effectiveness of the model to develop students’ career awareness.