Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui gambaran pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di SMP Negeri Kota Semarang, (2) mengetahui gambaran tingkat kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP Negeri 40 Semarang, (3) menghasilkan model bimbingan kelompok berbasis prinsip-prinsip komunikasi Islam yang efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP Negeri di Kota Semarang, serta (4) mengetahui tingkat keefektifan model bimbingan kelompok berbasis prinsip-prinsip komunikasi Islam untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP Negeri 40 Semarang. Penelitian ini menggunakan Metode Research and Development (R&D). Hasil penelitian ini yaitu: (1) bimbingan kelompok sudah dilaksanakan, namun belum menginternalisasikan prinsip-prinsip komunikasi Islam, sehingga dipandang belum efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa, (2) tingkat kemampuan komunikasi interpersonal siswa sebelum diberi perlakuan berada pada kategori sedang, (3) model bimbingan kelompok berbasis prinsip-prinsip komunikasi Islam untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa terdiri dari rasional, visi dan misi, tujuan, isi bimbingan kelompok, dukungan sistem, tahap-tahap pelaksanaan, serta evaluasi dan tindak lanjut, dan (4) model bimbingan kelompok berbasis prinsip-prinsip komunikasi Islam terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa.


The purposes of this study were to: (1) know the description of implementation group guidance services at State Junior High School in Semarang, (2) know the description of level of students’ interpersonal communication skills of 40 Semarang State Junior High School, (3) produce the effective group guidance model based on the Islamic communication principles, and (4) know the level of effectiveness of the group guidance model based on the Islamic communication principles to improve students’ interpersonal communication skills. This study applied Research and Development (R & D) method. The results of this study were: (1) the group guidance has been implemented, but not yet internalized the Islamic communication principles, so it is seen has not been effective to improve students’ interpersonal communication ability, (2) the level of students’ interpersonal communication ability before being treated in the medium category, (3) the group guidance model based on the Islamic communication principles to improve students’ interpersonal communication skills which the contents consists of rational, the vision and mission, objectives, the content of the group guidance, the system support, the stages of implementation, and the evaluation and follow-up, and (4) the group guidance model based on the Islamic communication principles was effective to improve students’ interpersonal communication skills.