Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan dan menguji model bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan empat siswa SMP. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) diaplikasikan guna mendapatkan model yang teruji secara empiris. Siswa kelas VII yang berjumlah 150 siswa terlibat dalam survey, 8 siswa terlibat dalam uji coba mode dan sampel pada uji efektifitas berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian yaitu menghasilkan model bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama yang mana secara umum telah memenuhi syarat sesuai dengan standar produk yang terdiri dari empat aspek, yaitu: kebermanfaatan, keakuratan, kepatutan dan kemudahan. Hasil implementasi model menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama terbukti efektif meningkatkan empati siswa (z = -3,298, p < 0,01). Profil empati siswa menunjukan adanya peningkatan 7,20%. Disarankan bagi guru bimbingan dan konseling untuk perlu memperhatikan dan mengembangkan komponen empati siswa terutama pada komponen afektif dan komponen kognitif terutama dalam setting interpersonal.

This study aimed to develop and test the model of group guidance with sociodrama technique to increase students’ empathy. A model of educational research and development was applied to attain the research goal. Subject development consists of students of grade VII total of 150 students. Sample test consists of 8 students and experiment samples was 15 students. The result of research in the final products sociodrama technique group guidance model development which is in general has been qualified in accordance with the standards of the product consists of four aspects, specifically: usefulness, accuracy, appropriateness and ease. The results showed that sociodrama technique group guidance model is effective in improving students’ empathy (z = -3,298, p < 0,01). Profile empathy students show an increase 7,20 Suggestions for school counselors are to pay attention and develop the components of empathy students especially on the components afektif and components cognitive especially in setting interpersonal.