Pengembangan Model Konseling Kelompok dengan Teknik Paradoxical Intention untuk Mengurangi Perilaku Agresi Verbal Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan layanan konseling kelompok, (2) Memperoleh gambaran tingkat agresi verbal siswa, (3) Menghasilkan model layanan konseling kelompok dengan teknik paradoxical intention untuk mengurangi perilaku agresi verbal siswa, (4) Mengetahui keefektifan model layanan konseling kelompok dengan teknik paradoxical intention untuk mengurangi perilaku agresi verbal siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R dan D) yang telah disesuaikan. Hasil dari penelitian ini adalah tersusunya model konseling kelompok dengan teknik paradoxical intention untuk mengurangi perilaku agresi verbal siswa yang telah terbukti efektif untuk mengurangi perilaku agresi verbal siswa, hal ini dapat dilihat dari penurunan hasil evaluasi awal dan evaluasi akhir rata-rata sebesar 15,78%
The purpose of this study were: (1) to describe and analyze the implementation of group counseling services, (2) Obtain an overview level of students verbal aggression, (3) Generate a group counseling model with paradoxical intention technique to reduce students verbal aggressive behaviour, (4) Determine the effectiveness of the group counseling model with paradoxical intention technique to reduce students verbal aggressive behavior. This research in the Research and Development (RnD) method and has been adjusted. The results of this study are group counseling model with paradoxical intention techniques to reduce students verbal aggressive behavior has been generated and proven effective for reducing students verbal aggressive behavior, it can be seen from the decline in the results of the pre test and post test by an average of 15.78%.