Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan bimbingan kelompok teknik modeling dan pengukuhan positif untuk mengurangi perilaku bullying siswa SD Supriyadi Semarang. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan metode non-equivalent group pretest and posttest control group design. Metode pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui tingkat perilaku bullying. Subyek dalam penelitian ini adalah 16 siswa yang memiliki skor tertinggi perilaku bullying. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik menggunakan uji wilcoxon dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan ada penurunan perilaku bullying pada kelompok eksperimen 36%, sedangkan ada peningkatan perilaku bullying pada kelompok kontrol 0,04%.

The purpose of this study was to test the effectiveness of group counseling modeling techniques and positive affirmation to reduce bullying behavior of elementary school students Supriyadi Semarang. This research is a quasi eksperimental with a non-equivalent group pretest and posttest control group design. Data collection methods used were observation sheet to determine the level of bullying behavior. Subjects in this study were 16 students who have the highest score bullying behavior. Data analysis technique used is nonparametric statistical tests using independent-sample t-test with significance level of 5%. The results showed no decrease bullying behavior in the experimental group 36%, while there was an increase in bullying behavior in the control group 0.04%.