Keefektifan Layanan Informasi Karier Berbantuan Video Interaktif dan Live Modeling untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa SMP
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan layanan informasi karier berbantuan video interaktif dan live modeling terhadap pemahaman karier siswa serta untuk mengetahui mana yang lebih efektif layanan informasi karir berbantuan video interaktif atau live modeling untuk meningkatkan pemahaman karier siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Satu Atap, Waru Reja, Kabupaten Tegal. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis rancangan pretest-posttest control design. Populasi adalah siswa SMP Negeri 3 Satu Atap Waru Reja. Penelitian ini menggunakan sampel 32 siswa sebagai kelompok eksperimen A yang akan diberikan treatment video interaktif, 32 siswa sebagai kelompok ekperimen B yang akan diberikan treatment live modeling dan 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan informasi karier berbantuan video interaktif dan live modeling untuk meningkatkan pemahaman karier siswa SMP Negeri 3 Satu Atap Waru Reja. Layanan informasi karier berbantuan video interaktif efektif untuk meningkatkan pemahaman karier siswa. Layanan informasi karier dengan teknik live modeling juga efektif untuk meningkatkan pemahaman karier siswa. Relevan dengan temuan ini maka konselor perlu penerapan video interaktif dan live modeling pada pelaksanaan layanan informasi karier agar siswa mampu meningkatkan pemahaman karier.
The purposes of this study were to determine the effectiveness of the implementation of interactive video-assisted and live modeling in career information services to improve students’ career understanding and to find out which more effective between those strategies. This study implemented control group pretest-posttest design. The population was the students of SMP Negeri 3 Satu Atap Waru Reja. The sample was 32 students as an experimental group A which given interactive video treatment, 32 students as an experimental group B which given live modeling treatment, and 32 students as a control group. The results showed that both strategies were effective to improve the students’ career understanding at SMP Negeri 3 Satu Atap, Waru Reja. The counselor recommended to implement the interactive video and live modeling strategy on career information services to improve the students’ career understanding.