MODEL BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK STIMULUS CONTROL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan empirik yang menunjukkan bahwa tingkat kemandirian belajar siswa kelas X MA NU BANAT Kudus tahun pelajaran 2012/2013 mayoritas berada pada kategori rendah. Penelitian ini bertujuan menghasilkan model bimbingan  kelompok untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok dengan teknik  stimulus control  efektif  meningkatkan kemandirian belajar siswa. Faktanya pada uji hipotesis menunjukkan bahwa semua indikator kemandirian belajar siswa mengalami peningkatan signifikan setelah mendapatkan intervensi bimbingan kelompok dengan teknik  stimulus control.  Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa semua indikator kemandirian belajar  memperoleh  nilai  signifikansi atau nilai probabilitas < 0,05. Dengan demikian hipotesa nol (Ho) yang berbunyi rata-rata kemandirian belajar siswa sebelum dan sesudah eksperimen adalah identik/sama ditolak. Artinya rata-rata kemandirian belajar siswa sebelum dan sesudah intervensi terdapat perbedaan atau mengalami peningkatan.
Abstract
This study was conducted based on empirical finding which indicate that the degree of  independence of  students of  X class MA NU Banat Kudus in academic year 2012/2013 the majority were in the low category. This research aims to produce a model of  group counseling to improve student learning independence. The results showed that the model of  group counseling with stimulus control techniques effectively to improve student learning independence. In fact the hypothesis test showed that all indicators of  student learning independence increased significantly after getting guidance intervention group with stimulus control techniques. Data processing results show that all indicators of  learning independence gained significant value or probability value <0.05. Thus the zero hypothesic (Ho) that reads the average student independence before and after the experiment is identical / similar is rejected. It means that the average student independence before and after intervention there is a difference or increased.