PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI POSITIF
Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah: dapat ditemukannya model bimbingan kelompok melalui teknik psikodrama yang efektif  untuk mengembangkan konsep diri positif  siswa kelas IX SMP 2 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Untuk menghasilkan model bimbingan kelompok melalui teknik psikodrama untuk mengembangkan konsep diri positif  siswa tersebut, penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan tahap-tahap penelitian sebagai berikut: (1) Studi Pendahuluan, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan Model Hipotetik, (4) Penelaahan Model Hipotetik, (5) Revisi, (6) Uji Coba Terbatas. Sedangkan subjek uji coba adalah kelas IX SMP N 2 Mejobo kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Pada tataran teknis diterapkan: metode analisis deskriptif, metode partisipatif  kolaboratif, dan metode Quasi eksperimen. Hasil secara umum dalam penelitian ini yakni ditemukannya model bimbingan kelompok melalui teknik psikodrama yang efektif  untuk  mengembangkan konsep diri positif. Serta berdasarkan hasil analisis, kemudian dikonsultasikan dengan tabel uji t dengan N=10 taraf  signifikan 5%=2,228 ternyata hasil perhitungan lebih besar dari harga tabel (17,2>2,228) maka dapat dikatakan signifikan.
Abstract
This research uses developmental research. The purpose of  this study is can be found a model group guidance service through psychodrama technique to develop the positive self  concept for student of  class IX SMP N 2 Mejobo Kudus in the academic year 2012/2013. To obtain a model of  group guidance model through psychodrama technique and develop a positive self-concept of  students, this study uses research and development design. The stages are as follows: (1) preliminary studies, (2) planning, (3) development of  hypothetical model, (4) review of  hypothetical model, (5) revision and (6) limited test group. The subject are students on grade IX of  SMP Negeri 2 Mejobo in the academic year 2012/ 2013. At the technical level, the researcher used a descriptive analysis method, collaborative participatory method and quasi-experimental method. The result found an effective model group guidance service through psychodrama technique to develop a positive self  concept. This result can be proved by t the test = 17.2 > ttable 5% = 2.262. It can be concluded that taccount > ttable.