BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK OUTBOUN
Abstract
Abstrak
Lingkungan dapat mempengaruhi sikap dan perilaku individu. Ada individu tidak bahagia karena tidak mampu dalam menyesuaiakan diri dengan lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok di SMP Negeri 7 Pemalang; (2) mengetahui kondisi penyesuaian diri siswa SMP Negeri 7 Pemalang; (3) menemukan model bimbingan kelompok dengan teknik outbound yang dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa; dan (4) mengetahui efektivitas model bimbingan kelompok dengan teknik outbound dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa. Metode penelitian yang digunakan R & D (Reseach and Development), disain penelitiannya  One Group Pretest and Posttest. Berdasarkan hasil uji lapangan dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik outbound efektif  untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa. Disarankan kepada guru bimbingan dan konseling agar melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik outbound karena terbukti efektif  untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa.
Abstract
Environment can influence the attitudes and behavior of  individuals. People feel unhappy for not being able to adjust themselves to the environment. The objectives are to (1) determine the implementation of  group guidance at SMP Negeri 7 Pemalang, (2) determine the condition of  the adjustment of  students at SMP Negeri 7 Pemalang, (3) find a model of  group guidance through outbound technique that can improve the students’ self-adjustment, and (4) examine the effectiveness of  group guidance model through outbound technique to improve the students’ self-adjustment. This study used Reseach and Development method and with one group pretest and posttest design.  Based on the results of  field tests can be concluded that the group guidance model through outbound technique is effective to improve the students’ self-adjust-ment. It is suggested that the group guidance model through outbound technique can be implemented by guidance and counseling teachers because it is effective to improve students’ self  -adjustment.