http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus/article/view/70
Bandura, A. (1997). Self Efficacy The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.
Basuki, A. (2013). Efektivitas Pelayanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(1), 46-54. Retrieved from
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/4740
Febriantomo, E. H. & Suharnan. (2015). Training Effect of Self Efficacy of Career Decision Making Self Efficacy (CDMSE) and N-Ach On Student SMAN 01 Pasuruan East Java. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(1), 61-76. Retrieved from
http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/view/491
Fiah, R. E., & Anggralisa, I. (2016). Efekitvitas Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Realita untuk Mengatasi Kesulitankomunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X MAN Krui Lampung Barat T.P 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2). Retrieved from
http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/view/1207
Hayadin. (2006). Pengambilan Keputusan Profesi pada Siswa Jenjang Pendidikan Menengah (Survei pada SMA, MA dan SMK di DKI Jakarta). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 60. Retrieved from
https://www.scribd.com/document/57296299/Pengambilan-Keputusan-Untuk-Profesi-Pada-Siswa
Izzawati, N., & Lisnawati. (2015). Efektivitas Pelatihan Perencanaan Karir terhadap Peningkatan Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karir. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1), 70-88. Retrieved from
http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpt/article/view/244
Margaretha, D. (2013). Perencanaan Karir Siswa SMA dan Keterkaitannya dengan Orientasi Nilai, Aspirasi Karir Orang Tua, dan Kesempatan yang Tersedia di dalam Masyarakat: Studi Deskriptif - AnaHtik pada Siswa Kelas HI SMA Negeri se Kabupaten Kupang. Thesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
http://repository.upi.edu/830
Maya, H. & Rohyan. (2016). Penggunaan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik Kelas VII SMP Wiyata Karya Natar Kabupaten Lampung Selatan. Konseli: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2), 317-330. Retrieved from
http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/view/569
Ministry of National Education. (2007). Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.
Mumpuni, R. E. (2015). Keefektifan Symbolic Modeling Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Thesis. Malang: Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Retrieved from
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/42225
Nurrega, R. G., Wahyuningsih, H., & Gusniarti, U. (2018). Konseling Karir Kelompok Cognitive Information Processing untuk Meningkatkan Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Journal of Psychological Science and Profession, 2(1), 127-134. Retrieved from
http://jurnal.unpad.ac.id/jpsp/article/view/16702
Puspita, R. (2010). Efektivitas Program Bimbingan Perencanaan Karir Bagi Siswa SMA Kelas XI. Thesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved from
http://repository.upi.edu/9968
Santrock, J. W. (2002). Adolescence Sixth Edition. Jakarta: Erlangga.
Sari, H. M. R. (2014). Efektivitas Teknik Modeling untuk Meningkatkan Self Efficacy Karir Siswa. Innovation of Vocational Technology Education, 5(3). Retrieved from
http://jurnal.upi.edu/invotec/view/2890/efektivitas-teknik-modeling-untuk-meningkatkan-self-efficacy-karir-siswa.html
Sintadewi, N. L. D., Suarni, N. K., & Putri, D. A. W. M. (2014). Efektivitas Model Konseling Behavioral Teknik Modeling untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1). Retrieved from
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/3727
Susanti, A. R. (2013). Penerapan Konseling Kelompok dengan Strategi Modeling Simbolis Uuntuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Layanan Informasi. Jurnal BK Unesa, 4(1), 16-21. Retrieved from
http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/4633
Widaryati, S. (2013). Efektivitas Pengaruh Konseling Kelompok terhadap Efikasi Diri Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2), 94-100. Retrieved from
http://journal.uad.ac.id/index.php/PSIKOPEDAGOGIA/article/view/2576
Widyastuti, R. J., & Pratiwi, T. I. (2013). Pengaruh Self Efficacy dan Dukungan Sosial Keluarga terhadap Kemantapan Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Jurnal BK UNESA, 3(1), 231-238. Retrieved from
http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3369
Yulianto, U. (2012). Pengaruh Konseling Karir secara Kelompok terhadap Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Studi Lanjut pada Siswa SMA. Thesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. Retrieved from
http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail&sub=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=55969
Yusuf, S., & Nurishan, A. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Abstract viewed - 841 times
- pdf downloaded - 7892 times
Affiliations
Aulia Ika Sadewi
Vocational High School Tunas Harapan Pati, Jawa Tengah, Indonesia
Mungin Eddy Wibowo
Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Sugiyo Sugiyo
Universitas Negeri Semarang, Indonesia
How to Cite
Group Counseling with Symbolic Modeling Technique to Improve Students Career Decision Making Self-Efficacy
Vol 8 No 2 (2019): April 2019
Submitted: Jan 20, 2019
Published: Jan 20, 2019
Abstract
Self-efficacy focuses on the component of self-confidence that a person has in doing his tasks including career decision making. To be able to decide the career appropriately, students need confidence in making choices based on their abilities. This study aimed to improve self-efficacy in students’ career decision making through group counseling with symbolic modeling technique. The experimental research method with one group pre-test post-test design was used and involved eight students as group members. After their data were analyzed by using the Wilcoxon test, it showed that group counseling with symbolic modeling technique was effective to improve self-efficacy in students’ career decision making. Further, the discussion of this study is directed at identifying the implication of group counseling with symbolic modeling technique to improve self-efficacy in students’ career decision making.