Abstract

abstrak

Kematangan karir merupakan gambaran sikap dan kompetensi yang dimiliki siswa dalam menentukan pilihan karirnya. Siswa yang memiliki kematangan karir yang tinggi akan mampu mengambil keputusan pilihan karirnya. Tujuan penelitian ini menghasilkan model layanan bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai  entrepreneurship yang efektif  meningkatkan kematangan karir siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian  Research and Development dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut: (1) Tahap studi pendahuluan; (2) Perencanaan; (3) Tahap pengembangan model hipotetik; (4) penelaahan model hipotetik, (5) uji lapangan, (6) uji akhir produk. Sampel 10 orang siswa dipilih secara purposif  sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor rata-rata evaluasi awal 160,2 poin dan skor evaluasi akhir 217,7 poin atau meningkat sebesar 56,6 poin sama dengan 20,21%. Hal ini menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai entrepreneurship yang di kembangkan terbukti efektif  meningkatkan kematangan karir siswa. Saran: model bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai  entrepreneurship  dapat digunakan sebagai solusi memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan kematangan karir siswa.

abstract

Career maturity is an overview of  attitude and competency of  students in determining career choice. Students who have high career maturity will be able to take decision of  their career choice. The purpose of  this study is to create an effective group guidance service model through entrepreneurship values-based to improve the students’ career maturity. This study uses Research and Development method with the research steps as follows: (1) the preliminary study, (2) the planning, (3) the development of  hypotheti-cal model, (4) the review of  hypothetical model, (5) the field test, (6) the final test of  product. This study used 10 students as sample which were selected by purposive sampling. The result showed that there was an increase in the average score of  initial evaluation. It was 160.2 points and the final evaluation score was 217.7 points. The increase was 56.6 points or equal to 20.21 %. It means that this entrepreneurship values-based group guidance model is effective to improve the students’ career maturity. The suggestion is this entrepreneurship values-based group guidance model can be used as a solution to solve the problems related to students’ career maturity.