PENGEMBANGAN MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING MELALUI KOMIK EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
abstrak
Penelitian bertujuan menghasilkan media bimbingan dan konseling berupa komik edukasi untuk siswa Sekolah Dasar. Desain penelitian menggunakan  Research and Development. Hasil penelitian: (1) program Bimbingan dan Konseling belum ada, (2) layanan bimbingan dan konseling bersifat insidental, (3) guru Bimbingan dan Konseling belum ada, (4) media bimbingan dan konseling hanya sebatas papan informasi. Untuk kondisi motivasi belajar siswa: 55 % taraf  sedang 45 % taraf  tinggi, 0 % taraf  kurang dan 0 % taraf  rendah. Simpulan penelitian: (1) pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di MI Ma’arif  Grabag I Magelang sudah berjalan tetapi tanpa program atau perencanaan yang jelas dan tanpa bantuan media bimbingan dan konseling, (2) kondisi motivasi belajar siswa diantaranya 55 % siswa berada pada taraf  sedang, 45 % siswa berada pada taraftinggi, 0% siswa berada pada taraf  kurang, dan 0% siswa berada pada taraf  rendah, (3) Ditemukan media bimbingan dan konseling melalui komik edukasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar (SD) dengan sistematis dan tervalidasi pakar/ahli dan praktisi melalui FGD (4) Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik edukasi efektif  untuk meningkatkan motivasi belajar dengan kelas rendah di MI Ma’arif  Grabag menunjukkan angka 0,003 < 0,05. Saran agar menyelenggarakan layanan Bimbingan dan Konseling dengan memanfaatkan media yang telah dikembangkan.
abstract
The research aims to produce media guidance and counseling in the form of  comics education for elemen-tarys chool students. Design research is the Research and Development. (1) guidance and counseling pro-gram does not exist, (2) guidance and counseling incidentalservices, (3) guidance and counseling teacher does not exist, (4) the media only limited guidance and counseling by information boards. Conditions: (1) 55 % of  students are at moderate level, (2) 45 % of  students are at a high level, (3) 0 % of  students are less extent, and (4) 0 % of  students are at low level. Conclusions: (1) guidance and counselingservices without the help of  media, (2) motivation to study conditions 55 %, 45% of  students are at a high level, 0 % of  students are less extent, and 0 % of  students are at low level, (3) media guidance and counseling through educational comics to improve motivation, (4) the effective educational comics for improving learning motivation with low grade show 0,003 < 0.05 and there is a difference and high grade students showed the 0.002 < 0.05 there is a difference. Suggestions; order to organize guidance and counseling services by utilizing the media has been developed.