MODEL KONSELING KELOMPOK EKSISTENSIAL HUMANISTIK UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SISWA MENENTUKAN ARAH PEMINATAN SMA NEGERI SEMARANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model konseling kelompok eksistensial humanistik untuk mengurangi kecemasan siswa menentukan arah peminatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research anddevelopment dengan subjek penelitian berjumlah 10 orang yang dipilih dengan teknikpurposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model konseling kelompok eksistensial humanistik terbukti efektif  untuk mengurangi kecemasan siswamementukan arah peminatan. Berdasarkan analisis skor terhadap skala kecemasansiswa yang diberikan kepada subjek penelitian sebelum diberikan perlakuan (pretest)dan sesudah diberikanperlakuan(post-test)menggunakan konselingkelompokÂ
eksistensialhumanistik,tingkatkecemasansiswamengalami penurunandengan
poin133poinatausebesar13,71%.Berdasarkanhasilpengujianmenggunakan
rumusuji tdengan uji rata-ratat-testyangmenunjukant-hitung 15.24 > t- 2.120dengan N=10 taraf  siginifikan 5% (0.05) maka hipotesis alternatif  (Ha) diterimayang berarti bahwa model konseling kelompok  eksistensial humanistik terbuktimampu untuk mengurangi kecemasan siswa menentukan arah peminatan.
Abstract
This study aims to produce a model of  humanistic existential group counseling to reduceanxiety students determine the direction of  specialization. The research method used in thisstudy is the research and development of  the research subjects were 10 people selected by purposivesampling technique. Theresultsshowed that the model of humanistic existential groupcounseling proven effective to reduce student anxiety determines the direction of  specialization.Based on the analysis of  student scores on the anxiety scale were given to the subjects before thestudy given treatment (pre-test) and after the treatment (post-test) using humanistic existentialgroup counseling, student anxiety levels decreased by 133 points, or points at 13.71% . Basedon test results using the t test formula with an average test t-test t-test showed 15:24> t-withN = 10 2.120 significant level of  5% (0.05), then the alternative hypothesis (Ha) is acceptedwhich means that the model of  group counseling existential humanistic proved able to reduce the anxiety students determine the direction of  specialization.