Abstract

Abstrak

Kecerdasan sosial banyak dialami peserta didik sebagai akibat ketidakmampuan berelasi dengan temannya. Rendahnya kecerdasan sosial terlihat dari kurangnya rasa peduli terhadap teman yang lain, kurang mampu beradaptasi dan bersosialisasidengan teman sebaya maupun dengan guru dari peserta didik bersangkutan.Tujuan dilakukan penelitian ini adalah menghasilkan model bimbingan kelompokberbasis cooperative learning meningkatkan kecerdasan sosial peserta didik. Desainpenelitian ini menggunakan metode Educational research and development, denganjumlah sampel sebanyak 10 peserta didik dipilih secara purposive sampling dari125 peserta didik dan kemudian diberikan treatment. Setelah dilakukan analisis ujikelayakan dan uji lapangan, menunjukan tingkat kecerdasan sosial peserta didikmeningkat. Tingkat kecerdasan sosial sebelum bimbingan kelompok dengan skorrata-rata 27.48 dan setelah bimbingan kelompok meningkat menjadi 38.9. Terjadipeningkatan sebesar 11.42 atau 41.62%. Hasil uji statistik t-test menunjukkan nilaiAsymp. Sig. (2-tailed)/asymptotic significance untuk uji dua sisi adalah 0,000, artinyabahwa bimbingan kelompok berbasis cooperative learning efektif  meningkatkankecerdasan sosial peserta didik.

Abstract

Social intelligence more experienced learners as a result of  his inability to relate. The lowsocial intelligence evident from the lack of  care for other friends, are less able to adapt andsocialize with peers and with teachers of  learners concerned. The purpose of  this research isto produce a group guidance model based on cooperative learning increase social intelligencestudent. The design of  this study using methods Educational research and development, witha total sample of  10 students selected by purposive sampling of  125 students and then giventreatment. After analyzing the test results of  the feasibility test and field test, the indicateslevel of  social intelligence studentto increased. The level of  social intelligence before given thetreatment group guidance with average score of  27.48 and following the guidance of  the groupincreased to 38.9. An increase of  11:42 or 41.62%. The results of  the t-test statistical testshowed Asymp value. Sig. (2-tailed) / asymptotic significance for two-tailed test is 0.000,the meaning that group guidancebased on cooperative learning effectively improve the socialintelligence of  student.